PUPR Percepat Pembangunan Tol Bocimi Ditargetkan Arus Mudik Tahun Ini Dapat digunakan

0
4194

(Vibizmedia – Nasional) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) mempercepat pembangunan tol Bogor – Ciawi – Sukabumi (Bocimi) sepanjang total 54 kilometer khususnya seksi 1 Ciawi – Cigombong.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hediyanto W. Husaini mengatakan bahwa berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) jalan tol dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol tersebut dibangun dengan nilai investasi Rp7,77 triliun.

Hediyanto sampaikan bahwa sampai saat ini, pembangunan seksi 1 yang memiliki panjang 15,35 kilometer, pembebasan lahan sudah mencapai 95%, ungkapnya Minggu (29/5). Dari segi pembebasan tanah relatif tidak memiliki masalah.

Dirjen Bina Marga sampaikan bahwa masih lambatnya pengerjaan kontraktor PT Posco, mendorong pihaknya untuk memberikan peringatan terhadap kontraktor asal Korea Selatan tersebut dalam mengejar ketertinggalan konstruksi yang telah ditargetkan pemerintah, bahkan pihaknya akan menerapkan sanksi pemutusan kontrak apabila tidak ada progres signifikan.

Jalan tol yang memiliki panjang 54 kilometer ini terbagi dalam 4 seksi yaitu seksi 1 Ciawi – Cigombong sepanjang 15,35 kilometer, seksi 2 Cigombong – Cibadak sepanjang 12 kilometer, seksi 3 Cibadak – Sukabumi Barat sepanjang 13,7 kilometer dan seksi 4 Sukabumi Barat – Sukabumi Timur sepanjang 13,05 kilometer.

Selain dari kinerja kontraktor yang belum maksimal, beberapa kendala lainnya terjadi dalam pembangunan jalan tol ini antara lain tingginya curah hujan di lapangan dan rencana sebagian jalan tol yang akan digunakan untuk arus mudik tahun ini dan keputusan tersebut akan dibuat pada 2 minggu kedepan.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela
Pic          : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here