Langkah Pemerintah Turunkan Sebagian Besar Harga Pangan Jelang Ramadhan

0
768
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Pemerintah terus berupaya untuk menurunkan harga-harga sembako jelang dan saat lebaran yang cenderung selalu meningkat tinggi.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung sampaikan bahwa prinsipnya pemerintah memandang bahwa kesiapan lebaran tahun 2016 pada saat ini, relatif semuanya sudah siap,termasuk penanganan terhadap transportasi, mengontrol harga-harga, keamanan dan juga infrastruktur lainnya.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan bahwa kalau dilihat dari perkembangan minggu ke minggu atau bulan ke bulan, selama 1 bulan terakhir ini, sebetulnya harga pangan yang masih agak tinggi kenaikannya adalah gula pasir.

Sedangkan harga beras, sama sekali tidak. Harga daging dan daging ayam mengalami kenaikan harga tetapi tidak banyak. Darmin sampaikan bahwa pemerintah terus mengupayakan agar harga terus bertahan dan tidak naik justru turun, ungkap Darmin, Selasa (7/6).

Darmin sampaikan bahwa pemerintah masih terus mencari dan menyiapkan langkah-langkah untuk mengendalikan dan menurunkan harga supaya tercapai apa yang disampaikan oleh Presiden.

Selain itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman sampaikan bahwa saat ini, jumlah stok beras yang ada di Bulog sekitar 2 juta lebih, 2 kali lipat dibandingkan stok tahun lalu sebesar 1 juta lebih.

Amran katakan bahwa sampai saat ini, gula pasir Indonesia masih impor, stok minyak goreng sampai dengan bulan Juni tercatat 1,8 juta ton dengan kebutuhan 435 ton, sekitar 4 kali lipat dari kebutuhan.

Harga minyak goreng berhasil diturunkan sebesar 5,5% dan berlaku secara nasional, hasil kerjasama Menteri Perdagangan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menemui langsung produsen seperti Bimoli, Filma dan yang lainnya.

Sedangkan stok bawang merah lebih besar yaitu sebanyak 102 ribu ton dari kebutuhan sebanyak 89 ribu ton, stok daging ayam sebanyak 256 ribu ton dengan kebutuhan sebanyak 112 ribu ton.

Langkah-langkah yang akan dilakukan kedepan dalam jangka pendek adalah operasi besar-besaran, kerja sama dengan produsen, memotong rantai pasok, untuk jangka panjang dengan memotong rantai pasok dari produsen langsung ke toko tani serta bekerja sama dengan koperasi

Secara umum, Menteri Pertanian sampaikan bahwa beras, cabai, bawang merah, daging ayam sudah turun. Hanya saja yang masih menjadi pekerjaan pemerintah adalah daging. Tetapi,  Amran jelaskan sudah ada langkah positif dimana Bulog menjual daging Rp80.000/kilogram.

Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan mengeluarkan rekomendasi impor 27.000 ton dan bekerja sama dengan Toko Tani Indonesia dan pihak swasta serta melakukan operasi pasar kemarin sebanyak 1.000 ton dengan harga Rp75.000.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here