Menteri Sri Mulyani : 3 Langkah Penting Stimulasi Perekonomian Indonesia

0
491
Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Indonesia dapat menjadi penggerak utama pertumbuhan berkelanjutan (sustainable growth) dengan populasi muslim terbesar di dunia dan dihuni lebih dari 250 juta penduduk dan 50% populasi masuk kedalam umur produktif dibawah 30 tahun.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa WIEF (World Islamic Economic Forum) yang diselenggarakan hari ini, Selasa (2/8) di Jakarta Convention Center (JCC) yang merupakan forum ke-12, sangat tepat menjadikan Indonesia sebagai pemain kunci yang potensial dalam sektor syariah termasuk keuangan syariah, bisnis halal, fesyen serta industri kreatif.

Sri sampaikan bahwa ada 3 langkah penting untuk menstimulasi pertumbuhan ekonomi yaitu pertama, menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah – swasta yang artinya memberikan harapan yang tinggi kepada kerja sama pemimpin negara, pembuat kebijakan dan pengusaha khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pebisnis start up dan penemu (investor).

Langkah kedua, pemerintah dan swasta harus mendorong inovasi melalui bisnis berbasis komunitas ditunjang pembangunan teknologi digital, meningkat pada ekonomi kita. Inovasi menciptakan nilai dan tentu saja mengurangi biaya.

Salah satu contohnya adalah  IdeaPad, bagaimana memfasilitasi idea-idea baru yang ada di masyarakat menjadi sebuah konsep yang bernilai ekonomi, di mana pebisnis start up bertemu investor.

Langkah ketiga, adalah mentransformasi semuanya menjadi langkah konkrit. Menkeu sampaikan bahwa kebijakan, strategi, dan diskusi hanya akan menguntungkan semua pihak jika selalu ditransformasikan ke usaha yang menguntungkan, ungkapnya, Selasa (2/8).

Untuk menciptakan peluang dan berbagi pengalaman, ini menjadi tempat di mana jaringan bisnis datang untuk dapat berkontribusi lebih banyak pada perekonomian, ungkap Sri.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here