Pemerintah Indonesia Perkuat Kerja sama Dengan Ukraina di bidang Perdagangan dan Investasi

0
1442
Upacara Penyambutan Kenegaraan Presiden Ukraina Petro Poroshenko di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 5 Agustus 2016. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Ukraina kembali menyatakan komitmennya, menjadikan momentum saat ini untuk meningkatkan kerjasama bilateral baik di bidang diplomatik, pendidikan, pertahanan dan pertanian.

Adanya hubungan internasional yang sudah terjalin dengan baik selama ini, kedua negara pemerintah  Indonesia dan Ukraina sepakat untuk menandatangani empat nota kesepahaman terkait pembebasan visa diplomatik dan dinas, pendidikan diplomatik, pertahanan dan pertanian.

Ukraina merupakan mitra dagang kedua terbesar di wilayah Eropa Timur dan Tengah. Pemerintah Indonesia mengharapkan terciptanya stabilitas politik dan ekonomi di Ukraina, ungkap Presiden Joko Widodo, Jumat (5/8).

Presiden sampaikan bahwa kedua negara telah menjajaki beberapa penguatan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi, akses pasar bagi produk unggulan Indonesia seperti CPO (minyak sawit mentah), minyak kelapa, dan kertas, serta perluasan distribusi produk farmasi dan alat kesehatan dari Indonesia ke Ukraina.

Selain itu, kerja sama antara Indonesia dan Ukraina termasuk membuat turbin untuk power plan dan yang berkaitan dengan investasi di bidang pengolahan cocoa powder di Indonesia yang kemudian dituangkan ke dalam bentuk perjanjian kerja sama.

Disamping itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa kerja sama di bidang pertanian, kedua negara sepakat untuk bekerja sama dalam penelitian dan teknologi pertanian. Pertukaran ahli di bidang pertanian, pengembangan produk makanan, dan investasi di bidang pertanian.

Ukraina merupakan salah satu negara yang menghasilkan gandum cukup besar dan lebih dari 60% komponen ekspor Ukraina ke Indonesia berupa gandum, sementara lebih dari 60% komponen ekpor Indonesia ke Ukraina berupa palm oil, sehingga di bidang produk pertanian memang terdapat potensi yang sangat tinggi untuk dikembangkan, ungkap Retno.

Terkait bidang pertahanan, kedua negara sepakat untuk 3 bentuk kerja sama diantaranya exchange kunjungan, kerja sama di bidang industri pertahanan dan logistik serta pertukaran informasi di bidang pertahanan dan kemiliteran.

Di luar bilateral, Ukraina menyatakan keinginannya untuk bergabung menjadi negara anggota Asia-Europe Meeting (ASEM). Ukraina menunjukkan gesture politik yang sangat baik, Ukraina berkomitmen untuk membantu Indonesia apabila terjadi kasus kebakaran hutan dengan memberikan tawaran untuk memimjamkan pesawat Antonof 32P apabila terjadi kebakaran.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here