UKM Bantu Pengembangan Industri Kelautan

0
348
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Pembangunan maritim yang luas wilayah kelautannya mencapai 70%, menjadi salah satu prioritas Pemerintahan Joko Widodo seperti yang ada dalam nawa cita.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa pemerintah sedang membangun tol laut di sepanjang pantai Sumatera agar angkutan dan kapal – kapal dapat singgah dan mudah untuk beroperasi antar daerah.

Selain itu juga, pemerintah menaruh perhatian pada proteksi sumber daya laut seperti Natuna dan daerah – daerah di Indonesia Timur dan rencana pemerintah juga akan menambah sekolah maritim.

Sebagai poros besar maritim dunia, pemerintah tidak mau hanya menjadi slogan saja, tetapi terwujud dari produksinya, ungkap Luhut, Rabu (10/8) di Pati, Jawa Tengah. Saat ini, pemerintah sedang menata kembali strategi pengambilan ikan yang dapat membangun industri dalam negeri agar dapat memiliki nilai tambah.

Langkah pemerintah tersebut melalui pembangunan kapal dan proses ikan dalam negeri serta pembuatan pangan ternak dari ikan. Selain itu, untuk keberlangsungan, pengambilan ikan tidak dilakukan secara berlebihan.

Luhut sampaikan bahwa pemerintah mendorong agar perusahaan-perusahaan dapat memperhatikan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjadi penyuplai perusahaan atau feeder nya.

Perlu melibatkan UKM untuk membantu dan mempermudah percepatan pengembangan industri kelautan dan perikanan, banyaknya UKM yang dikembangkan menjadi prestasi tersendiri, ungkap Luhut.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here