Transjakarta di DKI Terapkan Tap In dan Tap Out

0
567

(Vibizmedia – Jakarta) Perbaikan sistim transportasi di DKI terus dilakukan oleh Pemda DKI. Salah satu upaya kemajuan adalah dilakukannya uji coba sistim tap in dan  tap out bagi para penumpang transjakarta sejak 17 Agustus 2016. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Uji coba baru diberlakukan bagi para penumpang transjakarta koridor satu. Tap out sendiri mengharuskan penumpang untuk menempelkan kembali kartu transjakarta saat keluar dari halte.

Penumpang bus transjakarta hanya perlu melakukan tap in pada barrier gate masuk untuk melakukan transaksi tiket. Pada saat tap in, maka saldo yang dimiliki oelh penumpang akan otomatis terpotong. Sedangkan pada saat tap out yang dilakukan dengan menempelkan kembali kartu transjakarta saat keluar dari halte, tidak ada kaitan dengan saldo, tetapi untuk membuka barrier gate keluar.

Tujuan utama tap out adalah agar PT Transjakarta mendapatkan data tujuan akhir perjalanan pelanggan, yang akan dimanfaatkan sebagai dasar pembuatan rencana operasional (renops) bus.

“Renops ini menentukan, pada rute ini harus ada berapa bus. Jangan sampai ada bus yang kita taruh berlebihan padahal jumlah penumpangnya tidak sebanyak itu dan jangan ada penumpang yang banyak, tapi kita malah ngasih kurang (bus). Kita butuh keakuratan data,” papar staff humas PT Transjakarta, Ferry Togi, di Jakarta.

Data yang diperoleh melalui tap in dan tap out juga berfungsi untuk mengetahui jumlah anggaran yang harus disiapkan oleh pemerintah, karena operasionalisasi dari transjakarta selama ini dibiayai oleh PSO (Public Service Obligation).

Jadi, bus yang dioperasikan di bawah PT Transjakarta yang mendapatkan subsidi layanan dari  PSO dengan uang rakyat ini benar-benar efisien, tidak ada kilometer yang kosong. Selain itu berdasarkan data tap out, PT Transjakarta akan mengembangkan layanan ke wilayah yang tak terjangkau oleh koridor, seperti daerah rusunawa.

Menanggapi adanya antrean panjang yang akan terjadi pada jam-jam sibuk, PT Transjakarta telah menyiapkan langkah untuk mengatasinya. Akan dilakukan modifikasi barrier gate yang ada, kemungkinan akan dibuat rel-rel miring seperti di tol.

Jornalist: Mytri// Editor: Rully//Photo: Setkab 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here