Dukungan PBB Untuk Inovasi Anak Muda Indonesia

0
651
Presiden Joko Widodo bertemu Ratu Belanda Maxima Zorrequieta Cerruti di Istana Merdeka terkait pengembangan inklusi keuangan di Indonesia, Kamis, 1 September 2016. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Berkapasitas sebagai utusan khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Ratu Belanda Maxima menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (1/9) untuk membahas pengembangan inklusi keuangan.

Sebagai kunjungan kehormatan dan tindak lanjut lawatan Presiden Joko Widodo ke Negeri Kincir Angin pada 22 April 2016 silam, pertemuan kedua negara tersebut membahas inklusi keuangan di Indonesia, Presiden meminta agar Ratu Maxima bersama-sama dengan pemerintah membangun dan mengembangkan inklusi keuangan Indonesia.

Presiden Joko Widodo sampaikan hal ini dilakukan karena Ratu Maxima dapat berkoordinasi dengan United Nations atau PBB, World Bank serta foundation-foundation besar sehingga inklusi keuangan di Indonesia bisa tumbuh dengan cepat.

Sebelum bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Ratu Maxima beberapa hari yang lalu telah melihat sendiri implementasi dari penerapan tabungan pelajar dan e-warung yang sudah berjalan di Indonesia dalam festival Fintech dan conference yang telah digelar Selasa lalu (30/8) di ICE, BSD, Tangerang.

Salah satu pengembangan inklusi keuangan yang akan dilakukan tersebut adalah agar para usaha kecil seperti petani dan nelayan memiliki akses ke layanan perbankan nasional. Untuk itu perlunya mempersiapkan regulasi-regulasi agar dapat berjalan serta dorongan pembelajaran melalui technical assistant dari UN, ungkap Presiden Joko Widodo, Kamis (1/9).

Selain itu, terkait potensi yang dimiliki anak-anak muda Indonesia, dalam kesempatan tersebut, Ratu Maxima juga telah menemui beberapa pemuda yang telah melakukan inovasi di bidang teknologi keuangan yang telah memiliki aplikasi atau soft yang berkaitan dengan fintech serta memberikan bantuan untuk pengembangan keuangannya guna mempercepat fintech di Indonesia.

Presiden mendorong agar lembaga-lembaga keuangan di Indonesia bergerak cepat mengembangkan usaha-usaha mikro di Indonesia. Dorongan tersebut berbentuk micro finance, mengenai fintech, maupun kolateral untuk usaha-usaha mikro. Dengan adanya dukungan dari pemerintah terhadap pelaku usaha mikro di Indonesia diharapkan dapat membuat pertumbuhan ekonomi nasional semakin terlihat.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here