Awal Tahun Depan, Pemerintah Akan Terapkan e-Goverment

0
1137
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan menerapkan sistem e-Goverment yang akan berlaku bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Menteri PANRB Asman Abnur mengatakan bahwa pihaknya akan mengeluarkan aturan berupa peraturan menteri (Permen) atau atau peraturan lainnya agar penerapan e-Goverment ini dapat dijalankan.

Asman sampaikan bahwa pemerintah sudah memiliki roadmap mengenai rencana penerapan e-Goverment tersebut, tetapi belum dapat diimplementasikan sampai dengan dua tahun masa pemerintah berjalan, ungkapnya, Selasa (6/9).

Ada beberapa keuntungan dalam penerapan sistem ini, sebagai contoh seperti e-Budgeting yang dapat menghemat anggaran dan sistem kontrol pemerintah yang lebih mudah. Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bandung telah menerapkan sistem e-Budgeting, sehingga dapat menghemat anggaran hingga Rp 1 triliun.

Akan lebih efisien jika sistem tersebut dapat diterapkan di pusat maupun di daerah, Kementerian PANRB menargetkan bahwa salah satu contoh e-Goverment dapat diterapkan pada awal tahun 2017 mendatang.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here