(Vibizmedia – Lensa) – Mengunjungi Paris, memang jangan sampai lewatkan kunjungan ke Petit Palais. Dulunya, bangunan megah ini merupakan istana, yang kini sudah berfungsi menjadi museum. Berlokasi di 8th arrondisement di Paris, tepatnya di  Avenue Winston Churchill, 75008 Paris, museum yang berisi lukisan dan patung ini, pastinya akan sungguh menarik perhatian Anda. 

Petit Palais1

Petit Palais sendiri, dirancang oleh Charles Girault dan dibangun pada tahun 1990. Museum ini, didesain dengan gaya Perancis abad 17 akhir dan abad 18 awal. Daya tarik museum ini, tentunya sudah langsung terlihat dari pilar dan pintu masuknya yang penuh dengan ukiran menawan.

Memasuki museum, Anda pastinya akan tak akan berhenti dibuat kagum dengan berbagai lukisan dan juga seni patung yang ada di dalam museum. Semua karya seni yang dipamerkan di dalam museum, dikelompokkan menjadi beberapa bagian, yaitu Dutuit Collection of medieval and Renaissance paintings, drawing, serta object d’art, lalu ada juga The Tuck Collection of 18th century furniture, dan juga The City of Paris Collection of Paintings. Adapun lukisan yang ada di museum tersebut, adalah karya dari beberapa pelukis kenamaan di zamannya, seperti Rembrandt, Fragonard, Greuze, dan lainnya. Ada juga karya seni patung dan lukisan dari abad 19, karya dari beberapa seniman ternama, seperti Ingres, Sisley, Pissaro, Monet, dan lainnya.

Petit Palais2

Jika Anda memandang lukisan yang ada di Petit Palais, sebenarnya ada hal yang menarik yang dapat dipelajari, dimana gambar yang terlihat pada lukisan disana, benar-benar menonjolkan sisi ekspresi dari mimik wajahnya. Hal itu, tentunya sesuai juga dengan karakter orang Perancis pada umumnya, yang cenderung ekspresif.

Selain itu, jika Anda mengamati patung-patungnya, maka akan terlihat detail yang menawan, dan tentunya menggambarkan betapa tingginya akan seni dari bangsa Perancis. Belum lagi, koleksi furniture yang penuh dengan desain menawannya, membuat Anda pasti tak akan habis mengaguminya.

Petit Palais4

Jika Anda belum puas, cobalah Anda menuju ke bagian eksterior dekat taman yang ada di dalam museum, dan lihatlah desain langit-langitnya. Pastinya, Anda akan dibuat semakin kagum melihat keindahan lukisan dengan kekayaan warnanya, yang ada di tembok langit-langitnya. Memang, melihat hampir semua bagian museum tersebut begitu indah dalam sentuhan seninya, maka tidaklah berlebihan jika dikatakan Petit Palais adalah museum yang sarat akan nilai seni.

Petit Palais5

Mengunjungi Petit Palais, pastinya memang memberikan pengalaman tersendiri. Bagi para pecinta seni, terutama lukisan, memang sangat direkomendasikan untuk mengunjungi museum ini. Dan yang lebih menyenangkan lagi, museum ini gratis untuk biaya masuknya. Jadi, bagi Anda yang memiliki rencana mengunjungi Paris, jangan lewatkan museum ini dalam daftar Anda. Pastinya, Anda akan merasa puas melihat banyaknya mahakarya seni yang akan sanggup mempesona mata Anda.

Fanny Sue/ Journalist/VMN
Images : Vibizmedia/ Fanny Sue
Editor : Fanya Jodie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here