Masuk Masa Purna Bakti, Suhariyanto Gantikan Suryamin Menjadi Kepala BPS

0
798
Kepala BPS Suhariyanto. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Memasuki masa purna bakti sejak 31 Agustus 2016 lalu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro melantik Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) yang baru Suhariyanto menggantikan Suryamin.

Berdasarkan Keputusan Presiden Joko Widodo, Suhariyanto sebelumnya yang menjabat sebagai Deputi Neraca dan Analisis Statistik BPS diangkat menjadi Kepala BPS

Menteri Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa bangsa Indonesia menaruh harapan kepada BPS sebagai penyuplai data yang terpercaya dan memiliki otoritas besar dalam mengumpulkan data statistik, ungkapnya dalam acara pelantikan di Gedung Bappenas, Jakarta Pusat, Kamis (15/9).

Bambang sampaikan bahwa dirinya berharap agar BPS tetap melakukan peningkatan dan perbaikan data di bawah kepemimpinan Kepala yang baru, sebab BPS merupakan input pertama dalam proses perencanaan.

Kedepannya, Menteri Bambang mendorong agar BPS dapat memimpin penyiapan data hingga ke tingkat kecamatan dan berkomitmen menyiapkan data yang akurat agar dapat banyak menolong orang.

Selain itu, Bambang sampaikan bahwa selama ini ternyata kebijakan memberikan bantuan harga murah kepada masyarakat tidak tepat sasaran dan tidak efektif serta memberatkan Anggaran Pendapata dan Belanja Negara (APBN).

Saat ini, pemerintah sedang mengubah paradigma dengan cara memberi bantuan langsung yang tepat sasaran. Diharapkan melalui langkah ini, anggaran yang keluar lebih efesien dan juga langsung dirasakan manfaatnya oleh warga Indonesia yaitu keluarga dan rumah tangga.

BPS menjadi otoritas yang memiliki kewenangan dalam validasi data dalam kebijakan One Data Policy yang telah ditetapkan oleh Presiden Jokowi. Tidak mudah memperoleh data yang valid dan akurat, apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat besar.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here