Percepat Sertifikasi Tanah, Pemerintah Gandeng 9 Perusahaan Swasta

0
501
Ilustrasi lahan. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Sebagai program prioritas utama, Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melakukan percepatan sertifikasi tanah dengan mengandeng pihak swasta untuk membantu pembiayaan sertifikasi tanah rakyat.

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil mengatakan bahwa sebagai program prioritas utama, sertifikasi tanah terkendala terbatasnya dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Terkendala dana tersebut, Sofyan sampaikan bahwa pihaknya hanya dapat memaksimalkan program dengan dibiayai oleh APBN maksimal 1 juta bidang setiap tahunnya. Sampai dengan saat ini, sertifikasi yang dihasilkan bahwa sebanyak 45 juta bidang, ungkapnya, Senin lalu (26/9).

Kementerian ATR/BPN menyambut baik komitmen 9 perusahaan swasta yang akan membantu pembiayaan sertifikasi 6.500 bidang tanah yang berada di wilayah Surabaya I. Kesembilan perusahaan yang bergerak di bidang properti tersebut adalah Group Ciputra, Group Pakuwon, PT Bhakti Tamara, Group Podojoyo Masyhur, PT Dian Permana, PT Trijaya Kartika, Lamicitra Nusantara Tbk, PT Gala Bumi Perkasa dan Group Maspion.

Pada pertemuan 8 Agustus lalu antara Menteri ATR dengan Walikota Surabaya Tri Rismaharani menghasilkan komitmen pembiayaan akan dilakukan melalui kegiatan tanggung jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Resposibility/CSR) dan diprioritaskan bagi masyarakat kurang mampu dan pemilik Kartu Indonesia Sejahtera (KIS).

Sertifikat tanah memiliki nilai yang sangat penting bagi masyarakat terutama masyarakat yang kurang mampu karena dapat dijadikan agunan ke bank untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai modal usaha. Sertifikat tanah juga dapat menghindari konflik pertanahan dan memberikan kepastian dalam berinvestasi.

Selain itu, sertifikasi tanah juga turut mendukung target pemerintah untuk mensertifikatkan dan memetakan seluruh tanah di Indonesia pada 2025. Terpetakannya seluruh tanah di Indonesia, akan memudahkan proses transaksi jual beli tanah di tanah air.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here