Renovasi GBK dan Pembangunan Wisma Atlet Akan Selesai Oktober 2017 Mendatang

0
746
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Saat Peluncuran Penandatangan Kontrak Kegiatan Tahun Anggaran 2016 Kementerian PUPR. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Pembangunan wisma atlet Kemayoran dan renovasi Gelora Bung Karno (GBK) terus dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII yang ditargetkan akan selesai pada bulan Oktober 2017 mendatang oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sampaikan bahwa pembangunan di wisma atlet Kemayoran telah mencapai 22%, sedangkan renovasi GBK telah mencapai 2%.

Basuki sampaikan bahwa penataan kawasan sekitar area GBK, saat ini telah memasuki tahap desain yang segera akan menyusul dikerjakan yaitu penataan kawasan yang bukan hanya venue baru tetapi meliputi kawasan yang lebih nyaman.

Pembangunan wisma atlet  dilakukan oleh Direkorat Jenderal Penyediaan Perumahaan tersebut,  sedangkan renovasi dan rehabilitasi serta penataan venues di kawasan GBK dilakukan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Ada sebanyak 14 bangunan venues di Kawasan Komplek GBK yang akan direnovasi yang terdiri dari Stadion Utama, lalu Tennis Indoor dan Outdoor, Gedung Stadion Madya, Gedung Basket, Lapangan Hockey, Lapangan  Panahan, Lapangan Sepakbola A/B/C, Stadion Renang dan Istora Senayan.

Selain itu  Ditjen Cipta Karya juga menciptakan kualitas ruang luar bangunan venue  menyatu dengan bangunannya. Perbaikan yang dilakukan terhadap sarana dan prasarana luar bangunan antara lain gerbang, loket, pedestrian, parkir, pagar, tempat duduk, toilet, penanda kawasan, food court, playground, outdoor gym dan sampah.

Untuk mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII 2018 tersebut, Kementerian PUPR juga akan membangun 10 menara dan juga rusun wisma atlet Kemayoran yang terdiri dari tiga menara rusun pada lahan seluas 27.654 meter persegi dengan kapasitas 1.932 unit hunian dan tujuh menara seluas 79.400 meter persegi dengan 5.494 unit hunian.

Sedangkan pembangunan dan rehabilitasi venue GBK dengan empat paket konstruksi terintegrasi rancang dan bangun serta lima paket konsultan manajemen konstruksi dengan nilai 1,2 triliun, ungkap Basuki Menteri PUPR, Sabtu lalu (30/9).

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here