Pemerintah Akan Luncurkan Paket Kebijakan Reformasi Hukum Tahap 1 Pada 20 Oktober Mendatang

0
533
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Pemerintah segera akan melakukan reformasi besar-besaran dan akan segera menerbitkan paket kebijakan reformasi hukum yang rencana tahap I akan diluncurkan pada 20 Oktober 2016 mendatang.

Dalam rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo siang hari ini, Presiden Joko Widodo membahas mengenai reformasi hukum. Kembali ditegaskan apa yang tercantum dalam konstitusi Indonesia adalah negara hukum.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa sebagai negara hukum penyelenggaraan kekuasaan pemerintahan harus berdasarkan pada hukum dan negara harus hadir memberikan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak asasi manusia termasuk rasa aman kepada seluruh warga negara, ungkapnya dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Selasa (11/10).

Presiden menyadari bahwa masyarakat saat ini, masih jauh dari rasa puas dengan praktik hukum di Indonesia. Hukum dirasa sangat tajam ke bawah namun tumpul ke atas. Oleh karena itu, reformasi harus segera dilakukan.

Pemerintah harus segera melakukan reformasi hukum besar-besaran dari hulu sampai hilir. Tiga hal yang menjadi fokus yang akan dilakukan pemerintah untuk memberikan rasa kepercayaan publik terhadap keadilan dan kepastian hukum di Indonesia.

Sampai dengan saat ini, berdasarkan indeks persepsi korupsi dunia, pada tahun 2015, Indonesia masih berada pada urutan ke-88 , sedangkan berdasarkan indeks rule of law tahun 2015, Indonesia berada pada rangking 52.

Dengan posisi indeks tersebut kedepannya dapat menimbulkan ketidakpercayaan dan ketidakpatuhan pada hukum maupun pada institusi-institusi penegak hukum, ungkap Presiden Jokowi.

Untuk itu, yang perlu dilakukan adalah pembenahan regulasi dikarenakan banyaknya regulasi yang tumpang tindih, sehingga setiap kementerian dan lembaga dapat menghasilkan peraturan yang berkualitas dan melindungi serta mempermudah rakyat dengan memberi keadilan kepada rakyat,ungkapnya.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here