Kadin Apresiasi Terhadap Kinerja 2 Tahun Pemerintahan Jokowi – JK

0
605
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto menyampaikan apresiasi terhadap kinerja 2 tahun pemerintahan Jokowi – JK. Kadin menilai Jokowi – JK telah menjalankan berbagai program kerja, utamanya di sektor perhubungan.

Carmelita Hartoto mengatakan saat ini dunia transportasi nasional bergerak sangat dinamis, seiring dengan kebutuhan mobilitas orang dan barang yang kian meningkat. Makin dinamisnya sektor transportasi nasional ini perlu diimbangi dengan kebijakan yang dapat mendorong perkembangan transportasi nasional secara berkelanjutan untuk bersiap menghadapi persaingan di era pasar bebas.

 “Transportasi menjadi kunci memenangkan persaingan bebas. Sejumlah kebijakan pemerintah perlu kita apresiasi dan dukung penuh, seperti komitmen untuk membangun sejumlah jalan tol, rel, kereta api, bandara dan pelabuhan yang dilakukan secara masif dalam beberapa waktu terakhir. Namun memang ada beberapa kebijakan yang harus ditinjau ulang,” ungkap Carmelita di Menara Kadin, (13/10/2016).

Menurutnya, baik transportasi darat, laut hingga udara memiliki beberapa hal yang perlu dibenahi agar setiap sektor itu menjadi lebih efisien. Namun demikian dengan dibangunnya sejumlah infrastruktur yang dilakukan pemerintah diyakini akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan konektivitas dan kelancaran ditribusi barang.

“Pembangunan, penambahan dan pelebaran jaringan  transportasi serta perbaikan rel dan jalan dari dan menuju ke bandara, ke pelabuhan itu sangat penting. Tidak jarang pelabuhan dibangun cukup bagus tapi belum diiringi dengan akses jalan raya yang memadai, atau misalkan ketika suatu bandara dibangun dengan cukup baik tapi belum terintegrasi dengan rel kereta api,” demikian Carmelita mencontohkan.

Selain pengembangan infrastruktur transportasi, Kadin juga menyoroti kebijakan pemerintah yang menerapkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dinilai memberatkan industri transportasi nasional.

Menurut Carmelita, pihaknya tengah merumuskan rekomendasi dari dunia usaha untuk diberikan kepada pemerintah dalam waktu dekat ini, termasuk saran-saran atas regulasi yang ditetapkan pemerintah yang dinilai  kurang tepat bagi pengembangan transportasi nasional.

 “Kami akan memberikan respon yang konstruktif kepada pemerintah. Memang permasalahan teknis di sektor transportasi baik itu darat, laut dan udara itu tetap kami perhatikan, tapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana mencarikan solusi untuk yang lebih strategis, seperti bagaimana menciptakan sistem logistik nasional yang efektif hingga bagaimana pemanfaatan teknologi informasi untuk sektor transportasi. Untuk semua itu kami ingin berdampingan dengan pemerintah,” pungkas dia.

Journalist : Mytri
Editor      : Mark Sinambela                                                                                                                          Sumber    : Kadin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here