Sebagai Wajah Terdepan di Utara Indonesia, Pemerintah Bangun Bandara Miangas

0
660
Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Miangas di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara sebagai komitmen pemerintah terhadap pembangunan wilayah terdepan di Indonesia. FOTO : SETPRES/RUSMAN

(Vibizmedia – Nasional) Membangun wilayah terdepan, pinggiran dan perbatasan menjadi salah satu fokus utama pemerintah dalam membangun negeri.

Saat meresmikan Bandara Miangas di Kepulauan Talaud, Presiden kembali sampaikan keinginannya untuk menjadikan pulau-pulau terdepan menjadi beranda terdepan Indonesia, bukan hanya sekedar halaman belakang. Miangas adalah salah satunya yang diperhatikan oleh Presiden.

Bandara Miangas memiliki Landasan sepanjang 1.400 meter dikali 30 meter, dengan luas gedung terminal 356 meter persegi. Semuanya sudah dibangun dengan anggaran yang mencapai lebih dari Rp 320 Miliar. Dengan adanya bandara Miangas ini, dapat menghubungkan dengan cepat antara Talaud, Tahuna, Kepulauan Siau dan Manado.

Presiden ungkapkan bahwa posisi Pulau Miangas bukan lagi sebuah pulau kecil di antara 17 ribu pulau, tetapi merupakan wajah terdepan Indonesia yang strategis, ungkap Presiden, Rabu  (19/10).

Sebagai pulau yang memiliki posisi paling utara dari wilayah Indonesia, jarak dari Miangas ke Filipina hanya 48 mil laut, sedangkan ke Melonguane, Ibukota Kabupaten Kepulauan Talaud berjarak 129 mil laut dan ke Manado memiliki jarak 227 mil laut. Kita tunjukkan ke negara tetangga kita  bahwa beranda depan Indonesia itu daerah yang dirawat, dibangun dan patut kita banggakan, ungkap Presiden.

Presiden Jokowi sampaikan pembangunan yang dilakukan di setiap wilayah di Indonesia untuk menunjukkan negara hadir, bentuk yang paling konkret adalah menyediakan  transportasi bagi warganya, menyediakan transportasi bagi penduduknya, menyediakan pelayanan publik terbaik bagi warganya, sampai ke wilayah-wilayah yang paling jauh dari ibu kota Negara

Pemerintah akan terus bertekad untuk terus membangun jalan di daerah perbatasan, pos perbatasan, termasuk pelayanan publik di wilayah terdepan akan terus diperbaiki. Pemerintah ingin rakyat di perbatasan, di pulau-pulau terdepan menjadi  semakin bangga menjadi warga negara Indonesia dan menjadi semakin semangat untuk menjaga tanah airnya.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here