Kota yang dulu bernama Saigon ini kini bernama Ho Chi Minh atau dalam bahasa Vietnam-nya Thanh Pho Ho Chi Minh, adalah Negara Vietnam. Mengapa diberi nama Ho Chi Minh adalah demi penghormatan terhadap nama pemimpin mereka yang membuat Vietnam merdeka pada tahun 1975, dari koloni Perancis.

Kota ini banyak dipengaruhi oleh budaya Perancis yang nampak dari sejumlah bangunan bergaya klasik barat di kota ini. Oleh karena itu Ho Chi Minh juga disebut dengan mutiara dari timur jauh atau Paris dari timur.

Gedung Parlemen yang dikenal dengan Ho Chi Minh City’s People Committee Building (Photo: Vibizmedia.com)
Gedung Parlemen yang dikenal dengan Ho Chi Minh City’s People Committee Building (Photo: Vibizmedia.com)

Gedung Parlemen yang dikenal dengan Ho Chi Minh City’s People Committee Building nampak berdiri megah dikelilingi pemandangan kota yang luar biasa indah. Ho Chi Minh City’s People Committee Building dengan arsitektur menarik serta taman yang indah di sekitarnya  menjadi pilihan wisatawan yang tidak pernah ketinggalan. Di bagian depan terdapat patung Uncle Ho – tokoh yang sangat dihormati warga Vietnam.

Central Post Ho Chi Minh 1

Bangunan ikonik yang tidak boleh terlewat untuk dikunjungi adalah Gedung Kantor Pos atau Saigon Central Post Office (dalam bahasa Vietnam: Bưu điện) yaitu kantor pos tertua dan terbesar di Ho Chi Minh. Bangunan yang didirikan pada abad 19 dengan nuansa Gothic, Renaissance, ini sangat diminati wisatawan.

Bagaimana suasana dan keindahan arsitektur di dalam gedung Kantor Pos ini bisa dinikmati pada gambar di bawah ini. Hall yang luas dengan langit-langit yang tinggi serta sebuah lukisan uncle Ho  tertera di titik pandang utama.

Gedung Kantor Pos atau Saigon Central Post Office, tampak dalam (Photo: Vibizmedia.com)
Gedung Kantor Pos atau Saigon Central Post Office, tampak dalam (Photo: Vibizmedia.com)

Kemana kalau Anda ingin berbelanja? Tentu ada berbagai pilihan lokasi berbelanja tetapi salah satu yang paling disukai pengunjung adalah Ben Thanh Market atau dalam bahasa Vietnam disebut cho Ben Thanh. Ini adalah sebuah pasar yang terkenal di kota Ho Chi Minh City yang merupakan pasar tradisional dengan bentuk bangunan kuno menyerupai benteng.

Ben Thanh Market

Pada pagi hingga sore hari, kegiatan berpusat di dalam pasar. Sedangkan ketika hari menjelang sore sampai dengan tengah malam, pasar ini dilanjutkan dengan pasar malam yang makanan, baju dan kaos, dan souvenir dengan harga terjangkau.

Ben Tanh Market

Memang seru dan asik jalan-jalan ke Ho Chi Minh, selain berbagai lokasi wisata sejarah, wisata belanja, tidak kurang juga wisata kuliner yang sangat memanjakan lidah Anda.

Pengalam unik juga karena nilai mata uang Vietnam Dong lebih rendah dari mata uang Rupiah kita, jadi semua terasa lebih murah. Anda tertarik?

 

Mytri/Journalist/VMN                                                                                                                                    

Images : Vibizmedia/ Torro & Lea Ambarita                                                                                                     

Editor : Emy T

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here