IKA ITS Berikan Rekomendasi Pembangunan Maritim Kepada Presiden

0
534
Ketua dan anggota Ikatan Keluarga Alumni Institut Teknologi 10 November Surabaya menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Presiden Joko Widodo menerima Ikatan Keluarga Alumni Institut Teknologi 10 November Surabaya (IKA ITS) di Istana Merdeka, Selasa (1/11), dengan memberikan laporan hasil Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Indonesia Maritim Dunia, membangun Indonesia menjadi negara maritim maju dan kuat.

Ketua IKA ITS Dwi Soetjipto mengatakan ada 5 rekomendasi FGD yang disampaikan kepada Presiden Jokowi yaitu menyangkut strategi pengembangan sektor perikanan, penguatan transportasi laut dalam rangka memudahkan distribusi barang barang dari produsen ke konsumen, optimalisasi potensi pariwisata bahari yang besar

Juga investasi dan pembangunan industri energi laut, memperkuat investasi berbasis maritim dengan mendorong tumbuhnya industri berbasis maritim dan menciptakan industri baru di daerah yang dekat dengan perbatasan negara lain.

Dari 5 rekomendasi tersebut, Dwi sampaikan bahwa Presiden mendorong agar dapat ditindaklanjuti dengan menetapkan prioritas terhadap beberapa agenda dalam rekomendasi antara lain infrastruktur SDM dan industri.

Selain itu, untuk mendorong budidaya perikanan dan penguatan alat tangkap nelayan serta modernisasi kemampuan jelajah kapal nelayan di era teknologi informasi.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here