Potensi 3 Sektor Indonesia Menuju Persaingan Global

0
638
Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan kepada para Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan LIV dan LV Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia tahun 2016 di Istana Negara. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Dalam rangka menghadapi persaingan global, sebagai negara besar, Indonesia harus mempersiapkan diri untuk menyiapkan sektor pangan, energi dan sumber air.

Presiden Joko Widodo mengatakan ruang lingkup pertarungan global yang perlu disiapkan kedepan adalah memperebutkan pangan, memperebutkan energi dan memperebutkan air, ungkapnya saat memberikan pengarahan kepada para Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LIV dan LV Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia tahun 2016 di Istana Negara, Selasa (2/11).

Presiden sampaikan Indonesia sebenarnya memiliki potensi di tiga sektor tersebut, hanya masih memiliki kendala dalam pengelolaannya. Potensi ketiga-tiganya kita miliki, tetapi belum dimanage dan belum dikelola dengan baik, jelasnya.

Lebih lanjut Presiden Jokowi juga mengungkapkan, bahwa Indonesia merupakan negara yang berpengaruh di kawasan ASEAN. Indonesia memiliki 45% dari seluruh jumlah penduduk di ASEAN. Demikian halnya dengan produk domestik bruto (PDB) Indonesia yang menguasai pasar ASEAN sekitar 40%-45%. Artinya kalau ada apa-apa di Indonesia, anggota ASEAN yang lain juga kena imbas,ungkap Presiden.

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi juga berkesempatan menerima Naskah Hasil Seminar Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LIV dan LV Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia Tahun 2016, dari Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here