3 Aspek Menjadi Perhatian Pemerintah dalam Mengelola Kekayaan Negara

0
682
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Terdapat 3 aspek yang menjadi perhatian pemerintah dalam pengelolaan kekayaan negara yaitu tertib administrasi dan tertib hukum, sertifikasi dan penilaian/valuasi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bukan hanya sekedar mengklaim kekayaan negara tetapi juga bagaimana mengurusnya kekayaan negara dengan tahapan-tahapan yang sesuai dengan minimum standard of management seperti tertib administrasi, sertifikasi dan valuasi.

Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) 2016, Rabu (2/11), Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Sonny Loho melaporkan nilai asset negara terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun sejak pertama kali dilakukan inventarisasi dan penilaian Barang Milik Negara pada tahun 2007.

Sampai dengan 30 Juni 2016, posisi aset negara tercatat sebesar Rp5.285 triliun, yang tersebar di berbagai kementerian/lembaga dan daerah. Peningkatan nilai aset tersebut, mencerminkan skala perekonomian Indonesia yang juga semakin besar terbukti dengan adanya belanja modal dan inventarisasi menunjukkan skala perekonomian Indonesia yang semakin besar, ungkap Sonny.

Selain itu, sampai dengan saat ini aset negara yang berupa sumber daya alam belum dilakukan penilaian. Untuk itu fungsi DJKN, sebagai aset manajer melakukan penilaian sumber daya alam sehingga semakin mencerminkan kondisi kekayaan Indonesia yang sebenarnya.

Selain itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati  tegaskan bahwa tertib administrasi yang diinginkannya tidak hanya membukukan. Sri ungkapkan bahwa sebelumnya banyak kekayaan negara atau property yang belum masuk neraca dan belum memiliki sertifikat sudah secara simultan masuk dalam neraca dan sertifikat.

Untuk itu perlu dilakukan kerja sama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) agar proses sertifikasi aset-aset negara dapat berjalan dengan lancar, ungkap Sri.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here