(Vibizmedia – National) Hari ini, Rabu, 9 November 2016, dalam rangka menyambut Hari Pahlawan 10 November, Presiden Joko Widodo  menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada seorang tokoh Nahdlatul Ulama, Alm. K.H.R. As’ad Syamsul Arifin. Upacara ini digelar di Istana Negara.

K.H.R. As’ad Syamsul Arifin (lahir 1897, meninggal pada umur 93 tahun) adalah ulama besar sekaligus tokoh dari Nahdlatul Ulama dengan jabatan terakhir sebagai Dewan Penasihat (Musytasar) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama hingga akhir hayatnya. K.H.R. As’ad Syamsul Arifin merupakan tokoh yang ikut berperan menggerakkan rakyat dan santri, khususnya dari Jawa Timur, saat Pertempuran 10 November 1945 di Kota Surabaya.

Nov 2016 (Photo: Mark Sinambela/ Vibizmedia.com)
Presiden pada acara penganugerahan gelar kepahlawanan di Istana Negara, 9 Nov 2016 (Photo: Mark Sinambela/ Vibizmedia.com)

Presiden Jokowi juga menganugerahkan Tanda Kehormatan Republik Indonesia Bintang Mahaputera Utama kepada Alm. Mayjen TNI (Purn) Andi Mattalatta dan Alm. Letkol inf. (Anumerta) Mohammad Sroedji.

Mayjen TNI (Purn) Andi Mattalatta (lahir 1920 dan meninggal pada umur 84 tahun) adalah seorang tokoh pejuang kemerdekaan asal Bugis yang juga tokoh olahraga Indonesia terutama dalam olahraga renang, ski air dan tinju. Ayah dari penyanyi Indonesia, Andi Meriem Mattalata ini juga merupakan ketua penyelenggara PON IV di Makassar yang namanya diabadikan sebagai nama stadion di Makassar yaitu Stadion Andi Mattalata.

Adapun Letkol inf. (Anumerta) Mohammad Sroedji (lahir 1915 dan meninggal pada pertempuran di Jember di usia 34 tahun). Sroedji merupakan tentara yang berjuang di Kabupaten Jember melawan penjajah Belanda.

Penganugerahan gelar kepahlawanan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 90/TK/2016 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional sebagaimana dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden selaku Sekretaris Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, Marsekal Pertama TNI Trisno Hendradi.

Di akhir upacara, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan ucapan selamat kepada ahli waris penerima Gelar Pahlawan Nasional diikuti oleh tamu undangan lainnya.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela
                                                                                                                             Photo : Vibizmedia.com

 

Sementara itu,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here