Presiden Jokowi Dorong Peningkatan Produksi Buah Lokal

0
615
Presiden Joko Widodo membuka Fruit Indonesia 2016 di Lapangan Parkir Timur, Senayan. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Presiden JokoWidodo mengungkapkan harapannya agar Indonesia dapat menjadi negara pengekspor buah terbesar di dunia.

November tahun lalu, dalam kesempatan membuka festival buah dan bunga nusantara di Bogor, Presiden mendorong agar semua pihak dapat menggenjot agar buah-buahan dari Indonesia bisa memasuki pasar dunia.

Dibutuhkan gerakan yang revolusioner untuk meningkatkan ekspor buah nusantara dan mengurangi ketergantungan terhadap buah-buahan impor.

Untuk mendukung gerakan tersebut, Presiden meminta kesediaan para Bupati untuk menyiapkan lahan 5-50 hektar di setiap kabupaten/kota untuk fokus menjadi produsen buah untuk ekspor dan memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Hampir setahun berlalu, Presiden Joko Widodo mengingatkan kembali, Indonesia termasuk 20 negara di dunia yang produksi buahnya mendominasi pasar dunia, untuk itu dirinya meminta agar produksi buah-buah lokal, buah-buah nusantara dapat dikelola dan dimanage dengan baik.

Presiden memerintahkan Menteri Pertanian, seperti yang terjadi pada lahan kelapa sawit bisa mencapai 14 juta hektar, hal ini juga dapat diterapkan pada buah-buahan yang bisa mencapai angka tersebut, ungkapnya saat membuka Fruit Indonesia 2016 di lapangan Parkir Timur Senayan, Kamis (17/11).

Kembali dirinya mengingatkan pemerintah daerah bahkan akan memantau perkembangan program penyediaan 5-50 hektar per unit usaha buah lokal, seperti yang pernah diperintahkan pada November lalu di Bogor, terangnya.

Untuk pengembangan buah lokal ini, dirinya juga memerintahkan seluruh kementerian untuk memberikan dukungan penuh. Mengenai tanggung jawab urusan buah-buahan, Presiden mempercayakannya kepada Institut Pertanian Bogor (IPB), selain agar dapat menjadi konsentrasi perguruan tinggi juga agar institut tersebut menjadi jelas, ungkapnya.

Terhadap regulasi atau adanya peraturan yang menghambat seperti termasuk infrastruktur logistik, Presiden siap untuk membantu dan memberikan dukungan apabila diperlukan.

Selain itu, untuk merambah pasar internasional, Presiden minta agar usaha kecil menengah (UKM) yang bergerak di bidang perdagangan buah segera berbenah diri. Sudah bukan zamannya lagi kita berpikir jualan buah-buahan dari kampung ke kampung atau dari pasar ke pasar, tetapi kita harus berpikir menjual dagangan buah kita ke negara tetangga dan ke negara-negara yang lain, ungkap Presiden.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here