Gunakan Kesempatan Amnesti Pajak Dari Pemerintah, Sebelum Era Keterbukaan Informasi 2018

0
719
Presiden Joko Widodo memberikan sosialisasi amnesti pajak pada sekitar 2010 pelaku usaha dari Bali dan Nusa Tenggara. FOTO : SETPRES/KRIS

(Vibizmedia – Nasional) Provinsi Bali menjadi provinsi ketiga sosialisasi program amnesti pajak periode II yang dilakukan oleh Presiden Joko Widod0 setelah Makassar, Sulawesi Selatan dan Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dihadapan sekitar 2010 pelaku usaha dari Bali dan Nusa Tenggara yang hadir, Presiden memberikan keyakinan kepada wajib pajak bahwa program amnesti pajak merupakan program terakhir, yang memiliki manfaat jika digunakan, sebelum era keterbukaan informasi diberlakukan pada tahun 2018 mendatang.

Pentingnya sosialisasi ini dilakukan dikarenakan capaian amnesti pajak masih tergolong rendah, sampai dengan saat ini deklarasi dana repatriasi sudah mencapai Rp 3.980 triliun dengan total tebusan Rp 143 triliun.

Sampai dengan saat ini, dari total wajib pajak sebanyak 20 juta orang, baru 480 ribu yang ikut tax amnesty atau sebesar 2,5%. Presiden sampaikan jikalau separuh  dari wajib pajak ikut tax amnesty, maka negara tidak perlu lagi meminjam uang dari luar negeri dan tidak perlu berebutan investasi, ungkap Presiden, Rabu (7/12).

Untuk itu, Presiden menekankan pentingnya partisipasi masyarakat untuk menyukseskan program tersebut, karena dana yang terkumpul nantinya dapat dimanfaatkan untuk pembangunan di berbagai sektor.

Adapun capaian penerimaan amnesti pajak di Bali, Nusa Tenggara, Papua dan Maluku mencapai Rp 1,4 triliun dari sekitar 23 ribu wajib pajak yang mengikuti amnesti pajak sedangkan total yang melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) mencapai 1,3 juta wajib pajak. Dibandingkan dengan yang lapor SPT dengan amnesti pajak baru sedikit yang mengikuti program amnesti pajak tersebut. Berdasarkan data yang didapatnya dari Menteri Keuangan, dana masyarakat Indonesia di luar negeri mencapai Rp 11 ribu triliun, terang Presiden.

 

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here