Menkopolhukam: Presiden Setujui Dibentuknya Dewan Kerukunan Nasional

0
570
Menkopolhukam Wiranto, Rabu (4 Jan 2017) di Istana Bogor melakukan jumpa pers paska Sidang Kabinet Paripurna (Photo: Mark Sinambela/ Vibizmedia)

(Vibizmedia _ Nasional) Presiden Joko Widodo dalam Sidang Kabinet Paripurna pertama,  Rabu, 4 Januari 2017 Di ruang Garuda, Istana Kepresidenan  Bogor, menyetujui dibentuknya Dewan Kerukunan Nasional.

Hal  ini perlu karena Indonesia yang mempunyai latar belakang sejarah dari setiap suku bangsa apabila menghadapi masalah selalu menyelesaikannya dengan cara musyawarah mufakat. Lembaga-lembaga adat yang ada di negeri ini, sebenarnya nafasnya adalah menyelesaikan konflik dengan cara-cara musyawarah mufakat dengan cara damai bukan dengan cara-cara konflik.

Karena kita mengadopsi undang-undang dari Eropa, maka menjadi terpengaruh, selalu kalau terjadi masalah di masyarakat selalu dilarikan ke proses peradilan proses konflik,  proses projustisia.  Bangsa Indonesia sebenarnya memiliki cara ampuh yang sudah teruji yakni musyawarah, sehingga seharusnya begitu ada kasus, diselesaikan dulu dengan cara-cara non justisia,  bukan dengan cara-cara konflik di pengadilan.

Presiden mengatakan sekarang ini kalau ada kasus di masyarakat, yang masuk lebih dulu Komnasham,  karena Komnasham memiliki peran menyelidiki  permasalahan untuk dibawa kepada proses pengadilan. Sehingga seakan-akan semua kasus di indonesia harus didorong masuk ke proses pengadilan. Tentu ini bukan kultur kita budaya kita.

Karena itu kita perlu membentuk adanya dewan kerukunan nasional sebagai bagian usaha untuk menggantikan posisi KKR (Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi ) yang dulu tidak disetujui oleh MK (Mahkamah Konstitusi). Ini bukan berarti menghidupkan kembali KKR tapi dengan cara ini kita hidupkan satu falsafah bangsa kita sendiri yakni menyelesaikan satu perkara dengan musyawarah mufakat. Itu juga nanti akan kita bentuk, terang Menkopolhukam Wiranto,  Rabu (4/12) di Istana Bogor.

Journalist: Rully/ Editor: Mark Sinambela/ Photo: Vibizmedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here