Tahun 2017, PGN Targetkan Bangun 56.000 Sambungan Gas Rumah Tangga Terpasang

0
872

(Vibizmedia – Nasional) Untuk memenuhi kebutuhan gas bagi rumah tangga, sampai dengan akhir tahun 2016, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk telah berhasil menyelesaikan pembangunan jaringan gas untuk 4.000 rumah di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Proyek ini yang merupakan penugasan langsung dari pemerintah tersebut, dimulai sejak awal tahun 2016 dan selesai pada akhir tahun 2016.

Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) IGN Wiratmaja Puja bersama Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Dilo Seno Widagdo melakukan peninjauan penyambungan selang gas langsung ke kompor-kompor di Perumahan Sentosa Perdana, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam.

Wiratmaja sampaikan bahwa sambungan gas rumah tangga ini merupakan energi yang bersih, murah dan aman dari bahaya kebakaran sehingga sangat bermanfaat bagi masyarakat, ungkapnya, Kamis (12/1).

Dengan adanya sambungan gas rumah tangga tersebut, memberikan keuntungan kepada negara karena merupakan gas bumi yang tidak memerlukan subsidi seperti LPG, devisa negara dapat dihemat serta 67% LPG merupakan hasil impor. Terkait keamanan lebih aman karena tekanan gas lebih rendah hanya 0,2 bar sedangkan LPG mencapai 5-7 bar.

Sepanjang tahun 2016 lalu ada sebanyak 89.000 sambungan rumah tangga yang tersebar di Surabaya, Cilegon, Batam, Tarakan, Balikpapan dan Prabumulih. Tahun 2017 ditargetkan akan membangun sambungan gas baru untuk 56.000 rumah tangga yang tersebar di Bandar Lampung, Pekanbaru, Muara Enim, Mojokerto, Bontang dan Samarinda, ungkap Wiratmaja.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here