KSAU Berkomitmen Wujudkan Zero Accident dan Transparansi Mulai Perencanaan Hingga Pengadaan

0
863

(Vibizmedia – Nasional) Pelantikan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Madya Hadi Tjahjanto telah dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 2/TNI/2017 tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala Staf Angkatan Udara, tanggal 17 Januari 2017. Upacara berlangsung di di Istana Negara, Jakarta, Rabu (18/1.

Setelah dilantik, Hadi yang  menggantikan pemegang jabatan KSAU sebelumnya yakni Marsekal Agus Supriatna, memberikan keterangan pers usai pelantikan.

Hadi menjelaskan bahwa dirinya berkomitmen untuk mewujudkan zero accident di dalam setiap operasi udara. Oleh karena itu, sebagai langkah awal, ia akan menerapkan transparansi program mulai dari perencanaan hingga pengadaan barang termasuk pengadaan alutsista.

 “Maka seluruh kekuatan udara bisa melaksanakan terbang dengan aman sehingga kita terhindar dari accident atau kecelakaan pesawat terbang, itu yang benar-benar akan saya awasi dan saya akan turun ke bawah,” ujar Hadi.

Lebih lanjut, Hadi juga menjelaskan bahwa saat ini tengah dilakukan evaluasi bersama tim dari Panitia Penyidik Kecelakaan Pesawat Udara (PPKPU) Mabes TNI untuk mengetahui penyebab dari kecelakaan udara tersebut.

 “Sebagai suatu koreksi sehingga tidak akan terjadi kesalahan yang berulang tentunya,” imbuhnya.

Selain itu, Hadi juga bertekad untuk membenahi proses manajemen mulai dari bawah hingga ke atas. Dengan pembenahan tersebut, ia meyakini bahwa komitmen zero accident akan benar-benar dapat terwujud.

 “Sehingga manajemenlah yang harus benar-benar kita benahi. Mulai dari manajemen pengadaan barang, manajemen pembinaan latihan, manajemen bagaimana kita memberikan pengarahan dari komandan ke satuan bawah. Ini harus tetap melekat apabila manajemen itu dilaksanakan dengan baik, saya berkeyakinan bahwa accident itu bisa dihindari,” ujar Hadi.(em)

Journalist : Rully
Editor       : Mark Sinambela                                                                                                                          Photo      : Setpres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here