Presiden Trump Calonkan Hakim Gorsuch ke Mahkamah Agung AS

0
757

Neil Gorsuch

(Vibizmedia – Internasional ) – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mencalonkan Hakim Neil McGill Gorsuch menggantikan Antonin Scalia di Mahkamah Agung Amerika Serikat. Presiden Trump, menilai bahwa Neil Gorsuch memiliki keterampilan hukum yang luar biasa, pikiran yang brilian, disiplin yang luar biasa, dan juga mendapatkan dukungan dari bipartisan.

Presiden Trump sendiri memang memegang janjinya untuk mencalonkan kandidat yang menghormati hukum dan “mencintai” Konsitutusi. Dalam usianya saat ini, 49 tahun, maka Neil Gorsuch termasuk dalam hakim termuda yang dicalonkan ke Mahkamah Agung Amerika Serikat. Sebelumnya, hakim berusia muda yang pernah dicalonkan ke Mahkamah Agung adalah Thomas Clarence, yang berusia 43 tahun pada tahun 1991.

Jika pilihan Trump diterima oleh Pengadilan Tinggi, maka Gorsuch bisa menempati posisi kosong yang dahulu ditempati oleh Scalia, yang telah meninggal dunia pada tanggal 13 Februari 2016.

Seperti Scalia, Gorsuch juga adalah hakim yang meyakini bahwa meyakini bahwa seorang Hakim haruslah mengikuti teks serta makna asli dari Konstitusi. Presiden Trump sendiri, akan fokus dalam debat mengenai pilihannya untuk Mahkamah Agung di Washington. Kubu Konservatif sendiri, juga akan berjuang keras untuk kepastian posisi Hakim Gorsuch di Mahkamah Agung Amerika Serikat, melawan kubu oposisi Demokrat dan liberal.

Hakim Gorsuch sendiri, merupakan penerima Edward J. Randolph Award karena pengabdiannya yang luar biasa di Department of Justice. Mengenai kehidupannya, Gorsuch juga orang yang bisa dikatakan menikmati alam. Hal itu terlihat dari hobinya yang suka bermain ski, dan juga memelihara hewan, seperti ayam, kambing, dan kuda.

Fanny Sue/ Journalist/VMN
Image : Wikipedia
Editor : Fanya Jodie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here