Rex Tillerson, Mantan CEO ExxonMobile Yang Kini Jadi Menlu AS

0
740

RexTillerson

(Vibizmedia – Internasional) – Senat Amerika Serikat, pada hari Rabu waktu setempat, pada akhirnya mengkonfirmasi Rex Tillerson, menjadi Secretary of State atau Menteri Luar Negeri yang ke 69. Konfirmasi akan posisi Tillerson, telah melewati proses voting Senat dengan hasil pemungutan suara 56-43 pada tanggal 1 Februari 2017.

Saat pelantikan Rex Tillerson, Presiden Donald Trump mengatakan, bahwa saat ini, adalah waktu yang tepat untuk fokus pada isu internasional.

Sebelum hari itu, Senat dari Partai Republican, merasa frustasi Partai Demokrat yang berusaha menghalangi konfirmasi dari Anggota Kabinet lainnya. Akhirnya, Partai Republican pun bergerak untuk mempercepat ketiga kandidatnya untuk voting final.

Rex Tillerson sendiri, sebelumnya adalah CEO dari Exxon Mobile, salah satu perusahaan ternama di Amerika Serikat, Karirnya di dunia profesional, bisa dikatakan cukup panjang. Pada tahun 1975, ia bergabung di Exxon Mobile sebagai Production Engineer. Karirnya terus berkembang dan sempat menempati beberapa posisi, sampai menjadi seorang CEO pada tahun 2006, dan mengakhirinya pada tahun 2016.

Menurut Walter Shaub, Director dari United States Government of Ethics, sebagai kandidat Secretary of State, Tillerson dinyatakan bersih dari konflik uang dan kepentingan. Kini, Amerika Serikat tinggal menunggu, apa yang akan dilakukan oleh Rex Tillerson. Dengan latar belakangnya yang cemerlang, memang Tillerson tak diragukan untuk menjabat sebagai Secretary of State ke 69 di Amerika Serikat.

Fanny Sue/ Journalist/VMN
Image : Wikipedia
Editor : Fanya Jodie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here