Pemerintah Targetkan 20% dari 2 Juta Hektar Restorasi Lahan Gambut Hingga 2020, Dilakukan Tahun Ini

0
502
Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Presiden Joko Widodo menargetkan akan merestorasi 400 ribu hektare lahan gambut pada tahun 2017 dan seluas 2 juta hektare sampai dengan tahun 2020 mendatang.

Inilah komitmen yang akan dilakukan pemerintah untuk melindungi dan merestorasi lahan gambut, dimulai pada tahun lalu, dirinya telah membentuk Badan Restorasi Gambut (BRG) untuk mengawal komitmen tersebut.

Saat ini, pemerintah sedang melakukan evaluasi terus menerus sebagai upaya dari target restorasi sebesar 2 juta hektare yang telah ditetapkan sampai dengan tahun 2020 mendatang.

Target restorasi sampai dengan tahun 2020 seluas dua juta hektare tersebut akan dilakukan di tujuh provinsi yaitu di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Papua.

Pada tahun 2017 ini, BRG diberikan target untuk melakukan restorasi pada 400 ribu hektare atau 20% dari total target restorasi, terang Presiden.

Presiden menjelaskan bahwa dalam menjalankan tugasnya, BRG tidak dapat berjalan sendirian. Diperlukan dukungan penuh dari banyak pihak agar restorasi lahan gambut dapat mencapai targetnya.

Untuk itu, Presiden turut mengajak masyarakat dan elemen lainnya, bersama pemerintah menjaga kelestarian ekosistem lahan gambut. Hal tersebut dilakukan dengan berprinsip pada pengelolaan gambut lestari.

Prinsip pengelolaan gambut lestari dengan memanfaatkan lahan gambut untuk tujuan  ekonomi, peningkatan kesejahteraan tanpa mengabaikan aspek kelestarian lingkungan terutama menjaga hidrologis dan keutuhan ekologis di kubah gambut.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here