Indonesia – Swedia Sepakat Kembangkan Kerja Sama Bidang Energi Baru Terbarukan

0
513
Presiden Jokowi dan Raja Carl Gustaf XVI menyaksikan perjanjian kerja sama Indonesia - Swedia di bidang energi baru terbarukan di Istana Kepresidenan Bogor. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Melalui hubungan bilateral yang telah terjalin selama 65 tahun, Indonesia dan Swedia sepakat kembangkan kerja sama, utamanya di bidang ekonomi. Hal ini didorong oleh keduanya merupakan negara yang memiliki banyak persamaan dalam hal politik luar negeri.

Presiden Joko Widodo sampaikan bahwa keduanya berperan aktif dalam pasukan perdamaian PBB, mendukung kemerdekaan Palestina dan bahkan kita sepakat kerja sama trilateral untuk membantu Palestina sejak 2015. Kita mengutamakan penyelesaian damai dalam menangani konflik-konflik yang ada. Hal ini tentu saja merupakan aset yang harus dikapitalisasi, terang Presiden, Senin (22/5).

Presiden menyebut bahwa Swedia merupakan mitra perdagangan terbesar bagi Indonesia di kawasan Nordic. Hal tersebut salah satunya ditandai dengan angka investasi yang telah dikeluarkan Swedia pada tahun 2016 kemarin.

Angka investasi Swedia meningkat lebih dari 1.400% di tahun 2016 dibandingkan tahun 2015. Jumlah turis juga meningkat 15% pada tahun 2016 dan merupakan kunjungan terbesar dari negara Nordic, ungkap Presiden.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya bersepakat untuk menjalin kerja sama antar kedua negara yang lebih konkret. Dalam hal bisnis, kedua negara direncanakan akan menyelenggarakan Forum Eksekutif Indonesia-Swedia.

Yang Mulia Sri Baginda Raja Carl Gustaf ke-16 juga membahas upaya pengembangan kerja sama di bidang energi baru terbarukan melalui kerja sama yang konkret. Raja Swedia didampingi 35 delegasi bisnis dan akan diselenggarakan Indonesia-Sweden Executive Forum, ungkap Presiden.

Selain itu, kedua negara juga sepakat melakukan kerja sama di berbagai bidang yang dituangkan dalam bentuk tiga nota kesepahaman yaitu kerja sama mengenai bebas visa untuk paspor diplomatik dan dinas, kerja sama di bidang transportasi, navigasi udara, dan airport, serta kerja sama dalam bidang industri kreatif.

Beberapa kerja sama juga ditandatangani secara terpisah yaitu kerja sama di bidang inovasi, kewirausahaan, science park, dan pembiayaan pendidikan, ungkapnya.

Menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo terkait dengan kesamaan kedua negara, Raja Swedia memiliki pandangan yang sama dengan hal tersebut. Baginya, kerja sama antara Indonesia dan Swedia dapat tercapai oleh karena kesamaan akan nilai-nilai fundamental yang dianut oleh kedua negara.

Kolaborasi ini didasarkan pada nilai fundamental yang sama-sama kami anut. Seperti demokrasi, kebebasan berpendapat, dan toleransi.

Raja Swedia juga memuji pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan oleh pemerintah. Kebijakan yang digulirkan sejak awal masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla tersebut disebutnya sebagai sebuah investasi terbaik bagi masa depan Indonesia.

Saat ini Indonesia membuat sebuah investasi yang sangat baik untuk masa depan, seperti misalnya pembangunan infrastruktur dan pengembangan energi. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk dapat bekerja bersama-sama, terang Raja Swedia.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here