Progres Pembangunan Bendungan Kuningan Mencapai 51%, Ditargetkan Tahun Depan Selesai

0
989
Ilustrasi bendungan. FOTO : SETPRES

(Vibizmedia – Nasional) Progres pembangunan fisik bendungan Kuningan di Kuningan, Jawa Barat mencapai 51% dan ditargetkan akan selesai pada tahun 2018 mendatang.

Pembangunan bendungan tersebut akan menjadi sumber daya air bagi kabupaten Kuningan dan akan menjadi sumber irigasi hingga seluas 3.000 hektar.

Daerah genangan pembangunan Bendungan Kuningan sendiri meliputi 5 desa dan 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Cibeureum (Desa Randusari,Desa Kawungsari, Desa Sukarapih) dan Kecamatan Karang Kencana (Desa Tanjungkerta dan Desa Simpay Jaya) Kabupaten Kuningan. Desa Kawungsari dengan jumlah penduduk 1.157, 361 kepala keluarga (KK), luas permukiman 10,5 hektar dan hampir 99%  penduduknya adalah sebagai buruh tani.

Kepala Pusat Bendungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ni Made Sumiarsih menyampaikan bahwa Kementerian PUPR bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah berencana akan merelokasi masyarakat dan mempersiapkan area perhutanan sebesar 7,5 hektar. Relokasi tersebut tidak dibebankan biaya apapun dan diserahkan kepada pemilik rumah masyarakat desa Kawungsari.

Selain permukiman, Kementerian PUPR bersama Kementerian KLHK berencana untuk mempersiapkan lahan pertanian untuk masyarakat sehingga pada saat telah dilaksanakan relokasi masyarakat tidak akan kehilangan mata pencahariannya yang mayoritas sebagai petani.

Saat ini Kementerian PUPR melalui Direktorat Penyediaan Perumahan telah melaksanakan relokasi terhadap desa Ratusari dengan membangun rumah sebanyak 25 unit dan pada desa Tanjung Kerta telah dibangun 40 unit rumah dan  di rencanakan pada desa Kawung Sari akan dibangun 338 unit rumah. Rencananya pekerjaan relokasi pada Desa Kawung Sari ini akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2018.

 

Journalist : Rully
Editor : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here