Kunjungan Wakil PM Uzbekistan Bahas Peningkatan Perdagangan

0
740
Presiden Jokowi menerima Wakil PM Uzbekistan Zoyir Mirzaev dan delegasi, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/8). (Foto: Setkab)

(Vibizmedia – National) Menlu Retno Marsudi dalam keterengannya kepada wartawan usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Uzbekistan yang juga menjabat sebagai Menteri Pertanian dan Perikanan, mengatakan akan terbuka kerjasama di dua bidang tersebut antara Indonesia – Uzbekistan.

Sebelumnya, jelas Menlu, Presiden Uzbekistan telah bertemu dengan Presiden Jokowi saat menghadiri KTT Jalur Sutera, pada Mei lalu. “Oleh karena itu, beliau mengutus Deputy Prime Minister  untuk datang ke Indonesia untuk mempelajari pembangunan di Indonesia, terutama mengenai masalah perikanan dan pertanian,” ujar Retno.

Uzbekistan tadi tertarik untuk mempelajari Indonesia dalam mengembangkan produktivitas di beberapa komoditi pertanian, antara lain adalah lada. Kemudian di bidang perikanan hal yang ingin dipelajari oleh Uzbekistan adalah untuk pengembangan aquakultur, dan mereka meminta Indonesia untuk dapat segera melakukan kerja sama yang sifatnya konkrit.

“Sekali lagi perikanan ini lebih kepada aquaculture karena uzbekistan merupakan negara landlock,” ujar Retno.

Mengenai hubungan perdagangan, Menlu Retno Marsudi mengemukakan, adanya  peningkatan yang sangat signifikan. Tetapi, Presiden Jokowi dan juga Wakil PM Uzbekistan sepakat mengenai perlunya terus upaya  meningkatkan kerjasama perdagangan kedua negara karena potensinya cukup besar.

“Sebagaimana diketahui penduduk Uzbekistan berkisar 32-33 juta orang, masih banyak potensi yang bisa dikembangkan. Dan untuk tahun 2017, perdagangan kita dengan Uzbekistan meningkat lebih dari 250 persen, sehingga bidang ekonomi  termasuk perdagangan, pertanian, dan perikanan akan menjadi fokus atau prioritas kerja sama antaran Indonesia dan Uzbekistan,” pungkas Menlu Retno Marsudi.

Journalist : Rully Sinambela
Editor : Emy T
Source: setkab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here