Pemilik Rumah Termahal di Dunia Terungkap, Ternyata Putera Mahkota Arab Saudi

0
1740

(Vibizmedia – International) – Misteri siapa di balik pemilik puri mewah di Perancis seharga $300 juta tampaknya telah terpecahkan.

Pada 2015 lalu ada sebuah rumah mewah di Perancis yang terjual seharga 275 juta euro atau US$ 320 juta (setara Rp 4,32 triliun). Namun saat itu pembelinya masih misterius.

Chateau Louis XIV adalah istana seluas 54.000 kaki persegi di dekat Versailles yang, ketika dijual pada tahun 2015, digambarkan oleh setidaknya dua laporan sebagai “rumah termahal di dunia”.

Identitas pembeli belum terungkap saat itu namun New York Times mengklaim dalam sebuah laporan bahwa pembeli tersebut adalah Putera Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed Bin Salman, demikian dikutip dari CNBC (19/12).

Investigasi surat kabar tersebut menyatakan bahwa pembelian tersebut dilakukan oleh sang putera mahkota beriringan dengan sejumlah ektravaganza baru-baru ini, termasuk membeli lukisan Yesus karya Leonardo da Vinci seharga $450 juta (setara Rp6,1 triliun) dan kapal pesiar senilai $500 juta (setara Rp6,8 triliun).

Bin Salman secara terbuka memimpin modernisasi di Arab Saudi dan telah berhasil menumbuhkan citra sebagai pendorong reformasi, siap untuk membasmi korupsi. Terkuaknya asset kepemilikan sang pangeran dapat menyebabkan tuduhan kemunafikan karena dia saat ini menuntut agar elit Arab Saudi mengurangi gaya hidup mewah mereka.

Mengenai rumah itu, yang disebut sebagai rumah termahal di dunia, memiliki gudang anggur, bioskop, parit dengan aneka ikan seperti koi dan sturgeon, serta ruang bawah tanah. Rumah itu merupakan istana yang dibangun dari abad ke-17, dibangun dengan gaya serupa dengan istana yang terdekat di Versailles.

 

Source: CNBC
Editor: J. John

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here