PKH, Solusi Pemerintah Turunkan Angka Kemiskinan & Mendorong Inklusi Keuangan Masyarakat

0
504

(Vibizmedia-Jakarta) Presiden Joko Widodo akan terus meningkatkan jumlah penerima dana Program Keluarga Harapan (PKH) dari tahun ke tahun.

Sebelumnya, pemerintah hanya memberikan dana PKH kepada 6 juta keluarga miskin, sejak tahun 2018 ini, jumlahnya sudah meningkat menjadi 10 juta keluarga.

Dengan kenaikan jumlah penerima dan anggaran PKH tersebut, pentingnya tugas pendamping.

Untuk itu, dirinya mengingatkan para pendamping dana PKH yang hadir dalam Jambore pendamping PKH Tahun 2018, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/12), sebanyak 598 orang, yang terdiri dari 7 koordinator regional, 62 koordinator wikayah dan 529 koordinator tingkat kabupaten/kota di seluruh Indonesia, untuk lebih bekerja keras lagi mengecek validasi data penerima PKH.

Menurut Jokowi, kedepannya kalau sudah mapan, di 2020 saya ingin agar yang masuk dalam kotak keluarga miskin, kurang lebih 15,6 juta, itu semuanya harus dapat PKH.

Terus bertambahnya jumlah penerima PKH sejalan dengan anggaran PKH yang terus meningkat.

Untuk tahun 2018 ini, pemerintah menganggarkan Rp 19 triliun dan akan bertambah menjadi Rp 34 triliun pada tahun 2019

Terkait Program Keluarga Harapan dari Pemerintahan Jokowi-JK ini, Menteri  Sosial Agus Gumiwang memuji Presiden Joko Widodo yang gencar memperluas PKH dalam mengurangi beban pengeluaran masyarakat kurang mampu di Tanah Air

Kita harus selalu ingat bahwa keberadaan PKH merupakan wujud dari komitmen dan keseriusan segitu tinggi dari bapak Presiden dalam memerangi kemiskinan, serta mempersempit kesenjangan di Indonesia, ungkap Agus Gumiwang.

Tanpa komitmen dan political will yang tinggi dari bapak presiden, jangkauan dan anggaran PKH tidak akan seluas dan sebesar seperti pada saat ini, sahutnya.

PKH selain dapat mengentaskan kemiskinan, juga diharapkan dapat mendorong inklusi keuangan masyarakat yang kurang mampu dan hidup secara mandiri ke depannya.

 

Journalist: Rully

Editor: Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here