Posisi Kekuatan Dolar AS di Pasar Asia 17/01

0
350

Indeks Dolar AS (DXY)  yang mengukur kekuatan mata uang dolar AS terhadap rival utamanya pada sesi Asia hari Kamis (17/01) sekarang diperdagangkan pada posisi yang kuat melanjutkan trend 2 hari perdagangan sebelumnya setelah sempat awal sesi Asia alami profit taking.

Mata uang AS memegang keuntungannya terhadap beberapa rival utamanya seperti euro, poundsterling, swissfranc dan juga aussie oleh sentimen negatif dari fundamental masing-masing. Kurs euro alami pelemahan  karena kekhawatiran yang terus-menerus tentang kondisi ekonomi zona euro dan dipertegas oleh buruknya data PDB Jerman dan juga pidato  kepala Bank Sentral Eropa Mario Draghi yang menyebutkan perkembangan ekonomi di zona euro lebih lemah dari yang diharapkan.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dolar AS terhadap banyak rival utamanya kini berada di posisi 96.19 atau sedang naik dari penutupan perdagangan sebelumnya hingga 0,11 persen. Indeks dibuka pada posisi awal sesi di 96.11 dan sempat turun ke posisi rendah di 96.03.

Namun untuk diperhatikan selanjutnya terdapat beberapa sentimen yang membayangi kekuatan dolar AS seperti laporan Gedung Putih tentang kondisi ekonomi pasca shutdown pemerintah sedang terpukul kuat,

Dan untuk perdagangan selanjutnya indeks dikhawatirkan terpangkas oleh masih ditutupnya operasional kantor pemerintahan AS yang telah banyak merugikan negara. Demikian juga pasar dipengaruhi oleh kebijakan Fed akan suku bunga yang berhati-hati. Karenanya analyst Vibiz Research Center memperkirakan posisi dolar selanjutnya terpangkas.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here