Optimisme Perdagangan AS-China Angkat Pasar Saham dan Minyak

0
324
ilustrasi

(Vibizmedia – Economy & Business) Sentimen terkait perang dagang AS-China lagi-lagi mempengaruhi pergerakan pasar hari ini.

Sebuah laporan mengatakan AS dapat mengurangi tarif pada barang-barang Tiongkok selama negosiasi perdagangan mereka dengan China. Gagasan itu diajukan oleh Menteri Keuangan Steven Mnuchin, menurut laporan Wall Street Journal, yang mengutip orang-orang yang dekat dengan masalah ini.

Pernyataan akan mengurangi tarif ini, memunculkan optimisme di kalangan investor bahwa ada harapan untuk damainya perang dagang AS-China yang sudah berlarut-larut ini.

Bursa Wall Street ditutup positif dinihari tadi terpicu sentimen optimisme ini. Laporan itu mengirim saham ke level tertinggi hari itu, dengan Dow Jones Industrial Average naik lebih dari 250 poin. S&P 500 dan Nasdaq Composite keduanya naik sekitar 1 persen setelah laporan.

Hasil positif juga berlanjut ke bursa Asia Pasifik sore tadi. asar Saham Asia Pasifik berakhir lebih tinggi pada hari Jumat merespon laporan yang mengatakan para pejabat Amerika mungkin mempertimbangkan kemungkinan pelonggaran tarif di China dalam upaya untuk mendorong pembicaraan perdagangan.

Demikian juga bursa Eropa malam ini bergerak lebih tinggi, setelah laporan kemajuan pembicaraan perdagangan AS-China meningkatkan harapan terobosan dalam perselisihan jangka panjang mereka. Indeks Stoxx 600 Eropa naik hampir 1 persen selama transaksi pertengahan pagi, mencapai level tertinggi sejak 5 Desember.

Harga minyak juga bergerak naik dengan adanya optimisme ini, yang berarti memicu perkiraan kenaikan permintaan.

Bagaimana selanjutnya, akankah terjadi kesepakatan damai AS-China setelah perang dagang yang terus berlangsung ini?

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here