Wisata Bali Akan Didukung Alibaba Group Genjot Wisman Tiongkok

0
474
Ilustrasi: Pantai Virgin, Bali. Pantai Rahasia berpasir putih di desa Perasi yang tersembunyi di balik dua bukit yaitu Apen dan Penggiang. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/LILY

(Vibizmedia – Nasional) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan menyambut baik rencana perusahaan teknologi raksasa asal Tiongkok Alibaba Group, yang melirik Bali untuk dijadikan mitra kerjasama di bidang pariwisata.

“Mungkin hal ini dilakukan mengingat beberapa tahun terakhir, Bali menjadi primadona warga Tiongkok untuk berlibur, ini tentu kabar yang sangat menggembirakan, dan akan membawa banyak manfaat,” kata Menpar Arief Yahya di Jakarta, Rabu (30/1).

Rencana strategis ini jika teralisasi dan dengan kemudahan yang ditawarkan Alibaba Group, maka wisman dari Tiongkok akan semakin banyak berkunjung ke Bali.  Apalagi mengingat Alibaba Group memiliki anak perusahaan besar yang bergerak di bidang online travel agent yaitu AliTrip, yang memang punya reputasi bagus di Tiongkok.

“Jika aplikasi ini berjalan maka semua akan terintregasi. Mulai dari mencari dan melihat-lihat informasi (look), kemudian memesan paket wisata yang diminati (book) hingga membayar secara online (pay). Dan pastinya perekonomian pun semakin kencang karena mereka juga melibatkan perbankan dan pengusaha lokal,” ujar Menpar Arief.

Rencana minat kerjasama Alibaba Group berinvestasi dan bekerjasama dengan Bali ini disampaikan langsung oleh General Manajer Bisnis untuk wilayah Asia Tenggara Alibaba Group, Cerry Huang dalam audiensi dengan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, hari Selasa (29/1).

Sebagai salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok, Alibaba Group ingin membuat aplikasi panduan wisata di Bali. Aplikasi ini akan bekerjasama dengan pengusaha-pengusaha pariwisata serta sejumlah bank di Bali. Mengingat kebutuhan transaksi non tunai yang semakin meningkat, serta semakin banyaknya wisatawan asal Tiongkok yang akan berlibur ke Bali.

Untuk memudahkan rencana itu, maka perlu dilakukan kerjasama dengan para pengusaha pariwisata di Bali. Selain itu kerjasama dengan bank juga diperlukan agar memudahkan wisatawan melakukan pembayaran dengan mobile payment. Cherry Huang juga menjelaskan bahwa perusahaan milik Jack Ma tersebut telah berhasil menjalankan aplikasi tersebut di Thailand dan Vietnam. Dan memang dampaknya  wisatawan mandiri asal Tiongkok semakin banyak mengunjungi Thailand dan Vietnam.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here