Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Tahun 2018 Berada Pada Skor 38

0
419
Ketua KPK Agus Rahardjo bersama Dewan Pertimbangan Presiden Sri Adiningsih di Istana Negara. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia-Nasional) Indeks Persepsi Korupsi atau yang dikenal Corruption Perceptions Index (CPI) Indonesia meningkat 4 poin jika dibandingkan dengan angka Indek pada tahun 2014 lalu.

Sementara dibandingkan dengan tahun 1998 lalu, indeks korupsi Indonesia berada peringkat 20 dari skala 0 sampai 100, skor 0 ini menunjukkan indeks negara yang sangat korup, sedangkan skor 100 adalah negara yang bersih dari korupsi.

Menurut Presiden, setiap kenaikan apapun harus kita syukuri, dulu di 2014 angka indeks kita 34, sekarang 38, ya ini sudah sebuah kenaikan, ungkapnya usai membuka Green Fest Tahun 2019 di Cendrawasih Room Jakarta Convention Center, Senayan, Kamis (31/1).

Skor 38 pada tahun 2018 tersebut, naik 1 poin dibandingkan tahun 2016 dan 2017, tetap patut disyukuri, tegasnya. Berdasarkan penilaian tersebut, Indonesia yang dulunya termasuk negara terkorup di Asia, sekarang telah melakukan perbaikan-perbaikan dan sudah menjadi lebih baik, sehingga masuk kategori papan tengah.

Perlu diketahui, penilaian CPI dilakukan berdasarkan sembilan sumber data diantaranya International Country Risk Guide, Global Insight Country Risks Ratings, World Economic Forum, IMD World Competitiveness Yearbook dan Bertelsmann Foundation Transform Index.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here