Penutupan Bursa Asia Rabu Terdapat 2 Indeks Yang Cetak Rekor

0
211

(Vibizmedia-Index) Perdagangan bursa saham Asia hari Rabu (20/02) ditutup dengan keuntungan yang meningkat lebih dari perdagangan sebelumnya oleh optimisme pasar akan terjadinya kesepakatan perdagangan AS-China. Sepanjang perdagangan hari ini juga dilaporkan bursa saham Jepang dan Korea Selatan cetak rekor.

Pada perdagangan saham China, indeks Shanghai Composite  naik 0,20 persen menjadi 2.761,22 setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada wartawan bahwa pembicaraan perdagangan AS-China  berjalan sangat baik  dan  batas waktu awal Maret untuk mencapai kesepakatan dapat ditunda. Indeks Hang Seng di bursa Hong Kong juga menguat dengan kenaikan lebih dari 1 persen menjadi berakhir pada 28.514,05.

Indeks bursa saham Jepang berhasil mencetak rekor dengan indeks Nikkei  mencapai tertinggi dalam sembilan minggu, yang mendapat dukungan dari saham pembuat mobil dan SoftBank Group.

Indeks  Nikkei naik 128,84 poin atau 0,60 persen menjadi 21.431,49, level penutupan tertinggi sejak 17 Desember.  Saham-saham eksportir utama yang menopang indeks seperti saham Honda, Mazda Motor dan Toyota Motor naik sekitar 1 persen sementara saham SoftBank melonjak 3,6 persen.

Rekor juga dicetak indeks bursa saham Korea Selatan dengan indeks Kospi naik 24,13 poin atau 1,09 persen menjadi 2.229,76 yang merupakan level tertinggi dalam 4 bulan. Saham Seoul berkapitalisasi besar yang menopang rekor indeks seperti saham Samsung Electronics dan SK Hynix.

Untuk kawasan Pasifik, bursa saham  Australia terkikis sejak awal  oleh profit taking sekalipun mendapat dukungan dari penguatan  saham terkait sumber daya menguat setelah laporan laba setengah tahun Fortescue melebihi harapan. Indeks  ASX 200 turun 10,40 poin atau 0,17 persen menjadi 6.096,50.

Tekanan indeks datang dari saham jaringan supermarket Woolworths Group yang merosot 5,2 persen setelah melaporkan  permintaan konsumen yang lemah. Demikian juga, saham operator kasino Crown Resorts anjlok 5,3 persen dan saham raksasa makanan cepat saji Domino Pizza Enterprise turun lebih dari 3 persen setelah membukukan laba setengah tahun yang mengecewakan.

Dan untuk perdagangan saham di Indonesia, bursa saham Jakarta ditutup dengan indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat dengan kenaikan 0.28 persen ke posisi 6512.78 setelah dibuka pada posisi 6521.81.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here