Konsep 5R Sektor Industri Tingkatkan Efisiensi Sumber Daya Berkelanjutan

0
1340

(Vibizedia – Nasional) Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto sedang menggalakkan konsep ekonomi berkelanjutan (circular economy) pada sektor industri. Implementasi konsep circular economy  harus sejalan dengan standar industri hijau, yang mengutamakan upaya efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan. Penerapan industri hijau merupakan amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian.

Konsep ekonomi berkelanjutan ini  meliputi reduce, reuse, recycle, recovery, dan, repair (5R).  Sebagaimana Menteri Airlangga menjelaskan, prinsip 5R dapat dilakukan melalui pengurangan pemakaian material mentah dari alam (reduce) melalui optimasi penggunaan material yang dapat digunakan kembali (reuse) dan penggunaan material hasil dari proses daur ulang (recycle). Guna membuat material mentah tidak cepat habis, ia pun menyarankan langkah proses perolehan kembali (recovery) atau dengan melakukan perbaikan (repair).

“Dengan demikian, material mentah dapat digunakan berkali-kali dalam berbagai daur hidup produk sehingga ekstraksi material mentah dari alam jauh lebih efektif dan efisien,” ujar Airlangga. Diharapkan  prinsip 5R dapat mengakomodasi standar-standar keberlanjutan.

Melalui kegiatan tersebut, Airlangga berharap, perusahaan industri dapat mulai melakukan sinkronisasi kebijakan perusahaan dengan prinsip industri hijau. Circular economy itu terus berputar sehingga sumber daya alam digunakan lebih efektif dan efisien. Kebijakan ini juga mendorong penggunaan energi alternatif seperti solar panel.

Demi memotivasi pelaksanaan industri hijau, pemerintah akan memberikan insentif fiskal. Salah satunya lewat super deductible tax untuk industri yang melakukan riset dan pengembangan. Industri yang melakukan riset penggunaan energi terbaru akan mendapatkan insetif keringanan pajak hingga 300% dari total investasi yang digelontorkan untuk penelitian tersebut.

“Sekarang sedang dibicarakan dengan Kementerian Keuangan bahwa satu bagian dari inovasi untuk menggunakan circular economy ini tentu akan kami beri reward dalam bentuk tax deduction. Ditargetkan bulan depan segera rampung,” tutur Airlangga.

Emy T/Journalist/VM
Editor : Emy Trimahanani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here