Janji Pemberian Kartu KIP Kuliah dan Kartu Sembako Menggembirakan

0
223

Calon Presiden Petahana Jokowi menyampaikan janjinya untuk terus mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia dalam pidato kebangsaannya di SICC hari Minggu (24/02). Selama ini pemerintah sudah menerbitkan Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar sampai pendidikan SMA/SMK.

Namun dalam Konvensi Rakyat semalam, Jokowi mengumumkan pemerintahannya nanti akan menerbitkan Kartu Sembako Murah dan KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah. Ketika Jokowi umumkan rencana penerbitan Kartu Sembako Murah, semua rakyat Indonesia yang menghadiri Konvesi Rakyat malam ini bertepuk tangan gembira.

Namun ternyata audiens yang hadir di SICC Sentul semalam lebih gembira ketika Presiden Jokowi umumkan akan menerbitkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah. Terpantau peserta tidak hanya bertepuk tangan, namun hampir semuanya berdiri dan bertepuk tangan bahkan ada yang sampai melompat tinggi ketika pengumuman KIP kuliah tersebut. Durasi kegembiraannya lebih lama daripada kegembiraan saat umumkan Kartu Sembako Murah.

Sebelumnya menurut Jokowi pemerintah sudah menjamin anak-anak Indonesia untuk dapat meneruskan sekolah tanpa terhalang kondisi ekonomi keluarga dan 18,7 juta siswa telah mendapat KIP. Kartu Indonesia Pintar untuk keperluan sekolah; untuk membeli buku, untuk membeli seragam dan membeli sepatu. Dan hampir 1 juta mahasiswa dari keluarga miskin mendapatkan beasiswa, 5000 anak Papua sudah mendapat beasiswa afirmasi, dan telah memberi beasiswa kepada anak-anak muda terbaik termasuk dari pesantren untuk meneruskan kuliah diluar negeri.

Bagi Jokowi itu membuktikan pemerintah tidak mau ada satupun anak Indoensia yang gagal meraih cita-citanya hanya karena kemiskinan. Karenanya KIP Kuliah tersebut nantinya akan membantu biaya pendidikan mulai dari anak usaia dini hingga ke bangku kuliah.

Terkait Kartu Sembako Murah, Presiden Jokowi sampaikan sebelumnya sudah ada program Rastra yaitu program bantuan beras bagi keluarga sejahtera. Dan untuk memperkuat program tersebut, pemerintah akan menerbitkan Kartu Sembako Murah.

 

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here