Trump Mundurkan Batas Waktu Pengenaan Tarif, Pasar Global Melonjak

0
497

(Vibizmedia – Economy & Business) Amerika Serikat berencana untuk memundurkan pengenaan tarif tambahan China yang dijadwalkan akan dimulai pada 1 Maret, Presiden AS Donald Trump mengumumkan pada hari Minggu, dengan dua negara ekonomi terbesar di dunia itu mengakhiri akhir yang menjanjikan untuk menyelesaikan sengketa perdagangan yang luas.

Dalam serangkaian posting di Twitter, Trump mengutip “kemajuan substansial” dalam pembicaraan bilateral antara AS dan China. Akibatnya, presiden mengatakan dia akan menangguhkan pungutan baru yang akan terjadi pada hari Jumat, tetapi tidak memastikan kapan tenggat waktu baru.

Pekan lalu, sumber yang mengetahui situasi mengatakan kepada CNBC bahwa Amerika Serikat dan China sedang mendiskusikan pertemuan akhir Maret antara Trump dan Presiden Cina Xi Jinping di Florida, berita yang dikonfirmasi Trump pada hari Minggu. KTT dijadwalkan berlangsung di klub golf Trump Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida.

Menjelang konferensi itu, China telah berkomitmen untuk membeli hingga US $ 1,2 triliun barang AS, meskipun hingga akhir pekan lalu kedua belah pihak dikatakan berjauhan dengan isu-isu mengenai pemindahan paksa kekayaan intelektual.

Berbicara di Gedung Putih beberapa jam setelah tweetnya, Trump mengatakan mungkin ada “berita yang sangat besar selama satu atau dua minggu ke depan” jika pembicaraan perdagangan berjalan baik.

“Tiongkok luar biasa. Kami ingin membuat kesepakatan yang bagus untuk kedua negara dan itulah yang akan kami lakukan, “kata presiden kepada para gubernur A.S. di acara tersebut.

Sentimen pasar Asia secara luas lebih tinggi pada hari Senin.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here