Bursa Global Menurun; Poundsterling Melonjak

0
220

(Vibizmedia – Economy & Business) Bursa Saham global turun pada hari Selasa (26/02) terpengaruh memudarnya optimisme atas pembicaraan perdagangan AS-China dari awal pekan ini. Pound menguat ketika pemerintah Inggris memberikan tanda-tanda mengubah strateginya pada Brexit.

Indeks Stoxx 600 Eropa beringsut lebih rendah dan Indeks berjangka S&P 500 turun setelah Presiden AS Donald Trump menekankan kemungkinan penandatanganan perjanjian perdagangan baru dengan Presiden China Xi Jinping, tetapi memperingatkan perjanjian “mungkin tidak terjadi sama sekali.”

Saham Tesla turun sebanyak 5,4 persen dalam perdagangan pasca-pasar setelah regulator meminta hakim untuk mendakwa Elon Musk karena melanggar penyelesaian SEC tahun lalu. Ekuitas merosot di seluruh Asia dan yen menguat. Treasury stabil sementara obligasi inti Eropa turun.

Pound menguat ke level tertinggi terhadap Euro sejak 2017 setelah Perdana Menteri Theresa May dikatakan sedang mempertimbangkan rencana untuk menunda Brexit dan partai oposisi Partai Buruh mengusulkan pemungutan suara kedua atas pemisahan.

Kurangnya perkembangan baru di perdagangan setelah pengumuman Presiden Trump pada hari Senin bahwa ia akan menunda tanggal untuk meningkatkan tarif impor China, membuat investor memiliki gambaran beragam dalam ekonomi global, seperti perkiraan surut untuk pertumbuhan. Kebijakan moneter juga dalam fokus, dengan kesaksian setengah tahunan tentang ekonomi A.S. dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada hari Selasa dan Rabu.

Di tempat lain, minyak mentah WTI mantap setelah anjlok terbesar dalam empat minggu pada kritik dari Trump bahwa harga terlalu tinggi. Bijih besi mundur dengan peringatan Barclays mungkin menghapus semua keuntungan bendungan bencana tahun ini.

Berikut adalah beberapa event penting yang akan dicermati:

Ketua Federal Reserve Jerome Powell memberikan kesaksian setiap setengah tahunan tentang kebijakan moneter dan keadaan ekonomi selama dua hari kepada komite House dan Senat.

Perdana Menteri Inggris Theresa May memperbarui House of Commons pada pembicaraan Brexit ketika tenggat waktu 29 Maret semakin dekat bagi Inggris untuk meninggalkan UE. Anggota parlemen akan memberikan suara pada 27 Februari.

Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diperkirakan akan bertemu untuk KTT kedua yang dimulai Selasa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here