Pasar Global Bervariasi Mencermati Ekonomi China dan Kesepakatan Perdagangan AS-China

0
502

(Vibizmedia – Economy & Business) Pasar Saham bervariasi pada Selasa (05/03) dengan investor berhati-hati mencermati sentimen pemangkasan pertumbuhan ekonomi Tiongkok dan spekulasi kesepakatan perdagangan AS-China sudah dekat. Treasury turun sementara dolar menguat untuk hari kelima.

Indeks Stoxx 600 Eropa menghapus kenaikan sebelumnya, dengan produsen mobil menyeret indeks lebih rendah, sementara S&P 500 berjangka naik tipis sebelum keluar dari tertinggi sesi mereka. Sebelumnya, saham menurun di Jepang, Korea dan Australia dan membukukan kenaikan moderat di China karena laporan kerja tahunan Perdana Menteri Li Keqiang ke Kongres Rakyat Nasional menunjukkan target yang lebih rendah untuk pertumbuhan produk domestik bruto.

Sedangkan aktivitas ekonomi yang lebih kuat dari perkiraan di kawasan euro membantu mata uang tunggal mengurangi penurunannya.

Setelah saham di Eropa dan Asia mendapat dukungan pada Senin dari berita bahwa dua negara ekonomi terbesar dunia itu dekat dengan kesepakatan perdagangan, para investor sekarang mencari akan detail konkret sebelum mereka mendorong reli ekuitas global lebih lanjut. Perdagangan dan pertumbuhan yang melambat berada dalam fokus karena pejabat China berkumpul di Beijing, sementara investor akan mendapatkan bacaan terbaru tentang ekonomi AS dengan laporan pekerjaan bulanan Jumat.

Berikut adalah beberapa acara penting yang akan berlangsung :

Kongres Rakyat Nasional China dibuka di Beijing pada hari Selasa.

Gubernur bank sentral Australia Philip Lowe akan memberikan pidato di pasar perumahan hari Rabu.

Gubernur Bank of Canada diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pada hari Rabu karena ketidakpastian yang tetap pada perumahan dan investasi, sementara berpegang pada pesannya bahwa biaya pinjaman pada akhirnya harus naik lebih tinggi.

Pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa diperkirakan akan membiarkan suku bunga tidak berubah di tengah prospek yang memburuk. Presiden Mario Draghi akan mengadakan konferensi pers pada hari Kamis setelah keputusan.

Laporan pekerjaan A.S. Jumat dapat menunjukkan perekrutan dimoderasi di bulan Februari. Nonfarm payrolls mungkin telah meningkat sebesar 185.000 sementara tingkat pengangguran turun menjadi 3,9 persen, menurut perkiraan.

Mata uang
Indeks Spot Dollar Bloomberg naik 0,1 persen, mencapai tertinggi dalam hampir tiga minggu dengan kenaikan kelima beruntun.

Euro turun 0,1 persen menjadi $ 1,1329, terlemah dalam lebih dari dua minggu.

Pound Inggris turun 0,2 persen menjadi $ 1,3157, terlemah dalam lebih dari seminggu.

Yen Jepang turun 0,2 persen menjadi 111,93 per dolar, terlemah dalam hampir 11 minggu.

Obligasi
Imbal hasil pada obligasi 10-tahun naik satu basis poin menjadi 2,74 persen.

Imbal hasil 10-tahun Jerman meningkat dua basis poin menjadi 0,18 persen.

Imbal hasil 10 tahun Inggris naik satu basis poin menjadi 1,282 persen.

Imbal hasil 10-tahun Italia turun empat basis poin menjadi 2,701 persen, terendah dalam lebih dari sebulan pada penurunan terbesar dalam seminggu.

Komoditas
Minyak mentah West Texas Intermediate turun kurang dari 0,05 persen menjadi $ 56,57 per barel.

Emas turun 0,2 persen menjadi $ 1.284,76 per ons, mencapai yang terlemah dalam hampir enam minggu pada penurunan kelima berturut-turut.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here