Kampanye Perdana Jokowi-Ma’ruf Amin Disambut Antusiasme Masyarakat Serang, Banten

0
335
Kampanye Terbuka Serang-Banten (Photo: Tim Vibiz Media Network)

Serang-Banten, Minggu (24/3/2019) kampanye terbuka Jokowi-Ma’ruf Amin dilaksanakan di kota kelahiran Ma’ruf Amin. Nampak arak-arakan dari berbagai partai koalisi memenuhi di jalan-jalan menuju stadion, diwarnai dengan teriakan-teriakan masyarakat ”Jokowi-Ma’ruf.. Amin!”

Gelombang massa berdesakan memasuki stadion Maulana Yusuf yang berkapasitas 15.000 orang ini. Dukungan dan sambutan masyarakat Serang, Banten dan sekitarnya di tengah matahari terik datang dari berbagai kalangan dan elemen masyarakat, menunjukkan masyakarat Banten cinta kepada Jokowi. Kampanye ini juga didukung penuh oleh 10 partai anggota KIK: PDI-Perjuangan, Partai Golkar, PPP, Partai Hanura, Partai Nasdem, PKB, PSI, Perindo, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dan PBB.

Dalam kampanye akbar ini, partai-partai pendukung Jokowi-Ma’ruf yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) memakai kesempatan sebelum pidato Jokowi untuk memperkenalkan partai dan para Caleg mereka. Masyarakat Banten yang selama ini hanya melihat poster-poster kampanye Caleg, kini berkesempatan mengenal langsung bertemu para Caleg.

Salah satu yang juga memberi semangat adalah kehadiran Ian Kasela, vokalis grup band Radja yang juga adalah Caleg PDIP untuk wilayah Kalimantan Selatan. Ian dengan semangat membawakan lagu “Pilih Jokowi sekali lagi untuk memimpin negri ini, Pilih Jokowi untuk membangun negeri ini” diikuti oleh masyarakat yang turut menyanyi dengan semangat.

Setelah itu, Jokowi pun menyampaikan pidatonya dengan menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang besar dengan banyak keragaman dan perbedaan. Karena itu, Jokowi menegaskan untuk semua rakyat Banten bersama-sama menjaga dan merawat keragaman yang ada. Dilanjutkan dengan menyampaikan alasannya memilih Ma’ruf Amin sebagai calon pendampingnya “Pak Kiai Ma’ruf Amin adalah ulama besar tetapi juga seorang intelektual. Beliau tahu berbicara ekonomi syariah, startup, unicorn. Beliau tahu decacorn. Beliau pintar dan cerdas. Itulah kenapa saya memilih Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin sebagai cawapres mendampingi saya.” Mendengar ini, jari-jari jempol pun dilambaikan oleh seluruh masyarakat Serang yang hadir.

Pada kesempatan ini, Jokowi juga mengajak semua masyarakat melawan empat berita hoax yang saat ini sudah beredar baik di media sosial maupun dari rumah ke rumah yaitu bahwa jika Jokowi Ma’ruf menang, maka:

  1. Pendidikan agama akan dihapus.
  2. Adzan akan dilarang, padahal Kiai Ma’ruf Amin sebagai pendamping Jokowi adalah ketua MUI.
  3. Pernikahan sejenis akan dilegalkan
  4. Zinah akan dilegalkan.

Selain itu Jokowi juga memperkenalkan 3 kartu, yaitu: Kartu KIP Kuliah (Kartu Indonesia Pintar Kuliah), Kartu Pra Kerja, Kartu Sembako Murah . Jokowi mengakhir pidatonya dengan mengingatkan untuk tanggal 17 April 2019 jangan lupa pilih yang bajunya putih… “Karena putih adalah kita, karena putih adalah kita.”

Acara diakhiri dengan pemencetan tombol asap dan confetti yang memeriahkan suasana dan dilanjutkan dengan edukasi cara pencoblosan yang benar melalui simulasi yang dipraktekkan langsung oleh Jokowi. Masyarakat yang tetap semangat terus meneriakkan “Jokowi-Amin, menang, menang, menang…Jokowi-Ma’ruf..AMIN!


Penulis: dr. Vera Herlina,S.E.,M.M/VMN/BL/Partner of Management & Technology Services, Vibiz Consulting Group.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here