Rawat dan Jaga MRT, Pesan Presiden Jokowi Saat Resmikan MRT Jakarta

0
309

(Vibizmedia-Nasional) Sebuah peradaban baru bagi warga Ibu Kota dan sekitarnya dimulai, demikian dikatakan Jokowi.

Hari ini, Minggu (24/3), Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta fase pertama yang menghubungkan Bundaran HI dengan Lebak Bulus. MRT tersebut merupakan moda transportasi pertama yang hadir di Indonesia.

Dalam pidato singkatnya di hadapan warga DKI Jakarta, Jokowi menyampaikan bahwa dengan dioperasikannya MRT ini maka Indonesia pun memulai sebuah peradaban baru. Beberapa kali Jokowi menanyakan warga Jakarta yang telah mencoba naik MRT. Bagi mereka yang belum mencoba, maka Jokowi menyarankan untuk segera mencobanya ‘mumpung gratis’ sebab dalam sebulan ke depan, tarif MRT akan diberlakukan.

Presiden mengharapkan agar kehadiran MRT pertama ini turut disertai dengan pembangunan budaya baru dalam bertransportasi bagi para penggunanya. Sejumlah kebiasaan dan kedisiplinan hendak ditanamkan kepada masyarakat terkait penggunaan moda raya terpadu ini.

Dalam pidatonya, ada 2 hal yang dititipkan Jokowi:

  1. Jangan membuang sampah sembarangan baik di MRT maupun stasiun MRT. “Jaga agar MRT dan stasiun yang kita miliki tidak kotor. Sanggup?” demikian disampaikan Jokowi yang dijawab dengan pernyataan kesanggupan dari warga Jakarta.
  2. Budayakan antri dan disiplin waktu. “Kalau mau naik MRT, ngantri! Jangan berdesak-desakan seperti ini,” demikian dikatakan Jokowi. “Ngantri dan disiplin waktunya. Jangan sampai pintunnya mau tutup, kejepit pintu nanti. Hati hati bisa kejepit pintu,” lanjut Jokowi.

Lebih jauh, terkait dengan pembangunan MRT, Presiden mengatakan bahwa pembangunan MRT tahap selanjutnya akan segera dilakukan. Pihak pengelola akan segera memulai pembangunan koridor utara-selatan yang menghubungkan Lebak Bulus dan Kampung Bandan. “Ini baru fase pertama. Hari ini juga sudah kita canangkan untuk masuk fase kedua, ke Utara. Tahun ini, sudah saya perintahkan pada gubernur untuk memulai rute Timur – Barat. Setuju tidak? Yang setuju tunjuk jari?” demikian disampaikan Jokowi yang disertai jawaban setuju dari masyarakat.

MRT fase 1 pun dinyatakan resmi dioperasikan dan sekaligus MRT fase kedua dinyatakan dimulai. Selain itu, LRT pun diharapkan pada akhir tahun dapat menghubungkan Depok, Bekasi menuju ke Jakarta.

Presiden juga mengungkap bahwa pihaknya akan terus mengupayakan integrasi yang lebih luas terhadap segala moda transportasi yang ada di Ibu Kota dan sekitarnya. Dengan upaya itu, masyarakat diharapkan dapat lebih memilih menggunakan transportasi umum dibanding pribadi sehingga mengurangi kemacetan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here