Kekuatiran Perlambatan Ekonomi Suramkan Pasar Global

0
465

(Vibizmedia – Economy & Business) Ekuitas berjangka AS memangkas penurunan sementara saham-saham di Eropa tetap melemah pada hari Senin (25/03), dengan para pedagang masih gelisah setelah aksi jual Jumat. Treasury dan sebagian besar obligasi pemerintah Eropa menyentuh lebih rendah.

Kontrak pada S&P 500, Nasdaq dan Dow menunjuk ke pembukaan sedikit lebih lemah, sementara penurunan di sebagian besar sektor mendorong Indeks Stoxx 600 Eropa lebih dalam ke zona merah bahkan setelah data menunjukkan kepercayaan di antara perusahaan Jerman membaik.

Sebelumnya, bursa Asia merosot, dengan saham turun lebih dari 2 persen di Tokyo. Imbal hasil obligasi 10-tahun Australia mencatat rekor terendah sepanjang masa dan Jepang mencapai level terendah sejak September 2016. Kesenjangan antara imbal hasil Treasury tiga-bulan dan 10-tahun berubah negatif untuk pertama kalinya sejak 2007 pada hari Jumat, memicu kekhawatiran resesi. Kurva hasil berubah negatif untuk pertama kalinya sejak 2007

Sementara umumnya data yang melemah dan poros oleh bank sentral global yang jauh dari kebijakan moneter yang lebih ketat mengguncang kepercayaan, terobosan dalam pembicaraan perdagangan AS-China masih bisa memberikan dukungan ke depan.

Pound berbalik lebih tinggi pada awal minggu yang bisa memberikan suara lagi pada rencana Brexit Perdana Menteri Theresa May. Menteri Luar Negeri Philip Hammond dan rekan-rekan kabinet lainnya secara terbuka mendukung May pada hari Minggu ketika beberapa surat kabar Inggris mengatakan dia berada di bawah tekanan yang semakin besar untuk mundur karena dia menangani kepergian Inggris dari Uni Eropa.

Di tempat lain, lira Turki memulihkan sebagian kemerosotan hari Jumat, yang mengikuti dimulainya penyelidikan oleh regulator perbankan negara itu ke JPMorgan Chase & Co. dan penyelidikan lain dari bank-bank yang tidak ditentukan untuk memicu kejatuhan mata uang. Minyak diperdagangkan di bawah $ 59 per barel di New York.

Berikut adalah beberapa event penting yang akan dirilis:

Apple Inc. meluncurkan produk baru termasuk langganan video dan majalah pada hari Senin.

Perundingan perdagangan AS-Tiongkok dilanjutkan, dengan delegasi tingkat kabinet Amerika akan tiba di Tiongkok.

Parlemen Inggris kemungkinan akan memberikan beberapa suara kunci pada Brexit.

Forum Boao China untuk Asia mengadakan konferensi tahunannya minggu ini. Seorang pemimpin pemerintah China akan menyampaikan pidato utama, dan para pejabat termasuk Gubernur Bank Sentral Yi Gang dan Menteri Keuangan Liu Kun dijadwalkan untuk berbicara.

Gubernur Fed Randal Quarles akan berbicara Jumat kepada Komite Pasar Terbuka Shadow tentang “Pendekatan Strategis untuk Neraca dan Komunikasi Fed.”

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here