Harga Emas Berusaha Bangkit Lagi Dari Tekanan Bursa Saham dan Obligasi

0
228

(Vibizmedia-Commodity) – Memulai perdagangan komoditi logam mulai sesi Asia hari Rabu (27/03) harga emas bangkit kembali oleh bargain hunting setelah perdagangan sebelumnya anjlok dari level tertinggi lebih dari tiga minggu di sesi sebelumnya oleh rebound dolar AS.

Harga emas spot atau emas LLG pagi ini dibuka pada  posisi $1315,69/t oz setelah perdagangan sebelumnya ditutup pada posisi $1314,63 /t oz atau turun 0,36 persen dari penutupan awal pekan. Demikian juga untuk harga emas berjangka Amerika yang dibuka pada posisi $1321,40 kini berada pada posisi $1323,10 atau meningkat  0,13 persen dari posisi penutupan sebelumnya $1315.00 yang anjlok 7,65 persen dari akhir sesi awal pekan.

Perdagangan sebelumnya harga emas anjlok parah, khususnya emas berjangka untuk kontrak bulan Juni 2019 di bursa berjangka NYMEX yang dipicu oleh bangkitnya kembali imbal hasil obligasi Amerika yang sempat mengkhawatirkan pasar akan resesi sehingga memilih aset safe haven.

Selain kenaikan yield obligasi, anjloknya harga emas yang ditutup beberapa saat lalu disebabkan oleh kekuatan perdagangan bursa saham Amerika di Wall Street dengan smeua indeksnya ditutup pada zona positif sekalipun terdapat data ekonomi yang mengecewakan.

Untuk kekuatan harga emas pagi ini mendapat pijakan dari retreatnya dolar AS dari puncak tertinggi 1-1/2 pekan oleh profit taking pasar mengambil alasan kekhawatiran resesi ekonomi di AS dan juga global masih terus menguasai sentimen.

Untuk perdagangan selanjutnya hari ini, menurut analyst Vibiz Research Center secara teknikal harga emas akan naik menuju resisten  di 1319.72 – 1325.50. Namun jika berbalik arah  dan bergerak negatif akan tertekan ke posisi support  di  1310.44 – 1305.08.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here