Peningkatan Manufaktur China Dukung Pasar Global

0
535

(Vibizmedia – Economy & Business) Salah satu sentimen berita yang mempengaruhi pergerakan pasar global hari ini adalah penguatan ekonomi China yang mendorong vursa Asia melonjak.

Secara tak terduga aktivitas manufaktur di China menguat di bulan Maret dengan laju tercepat dalam delapan bulan, sebuah survei swasta menunjukkan pada hari Senin (01/04).

Indeks Manajer Pembelian Manufaktur Caixin / Markit (PMI) berada di 50,8 untuk Maret. Analis memperkirakan akan berada di 49,9 untuk bulan kedua, menurut jajak pendapat Reuters dari para ekonom.

Angka di bawah 50 menandakan kontraksi, sementara angka di atas level tersebut mengindikasikan ekspansi.

Pesanan baru naik ke level tertinggi dalam empat bulan, sementara indeks untuk pesanan ekspor baru kembali ke wilayah ekspansi, “menunjukkan bahwa permintaan domestik dan eksternal rebound moderat,” tulis Zhengsheng Zhong, direktur analisis ekonomi makro di CEBM Group, anak perusahaan dari Caixin, seperti dilansir CNBC.

Markit dan Caixin mengatakan dalam siaran pers bersama bahwa level staf di pabrik naik pada bulan Maret untuk menandai ekspansi pertama mereka sejak Oktober 2013. Beberapa perusahaan juga mempekerjakan pekerja tambahan untuk mendukung produksi yang lebih besar dan pengembangan bisnis baru, tambah mereka.

Hasil survei swasta datang setelah data pada hari Minggu menunjukkan Indeks Pembelian Manajer resmi naik menjadi 50,5 pada Maret dari level terendah tiga tahun Februari di 49,2. Itu menandai ekspansi pertama dalam empat bulan, menurut data yang dirilis oleh Biro Statistik Nasional China.

Angka-angka manufaktur datang di tengah pembicaraan tarif yang sedang berlangsung antara AS dan China yang bertujuan menyelesaikan perbedaan perdagangan mereka. Negosiasi perdagangan tingkat tinggi antara kedua kekuatan ekonomi itu dijadwalkan akan dilanjutkan di Washington minggu ini setelah pembicaraan pekan lalu di Beijing.

PMI Caixin adalah survei swasta yang berfokus pada bisnis kecil dan menawarkan pandangan pertama ke lingkungan operasi. Itu diawasi dengan ketat sebagai alternatif untuk PMI resmi.

Hasil survei PMI Caixin untuk sektor jasa akan dirilis pada hari Rabu.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here