Pasar Global Bergerak Mixed; Rally Saham Global Mereda

0
428

(Vibizmedia – Economy & Business) Rally saham global kehilangan kekuatan pada hari Selasa (02/04) setelah melonjak awal minggu ini, dan ekuitas berjangka AS melayang ketika saham Eropa naik tipis. Imbal hasil Treasury turun, sementara pound melemah setelah parlemen Inggris sekali lagi gagal mencapai konsensus tentang Brexit.

Kontrak pada indeks Dow Jones, Nasdaq dan S&P 500 semuanya sedikit berubah menjelang pembukaan New York. Indeks Stoxx 600 Eropa mendorong ke arah hijau, dengan pembuat mobil naik sedangkan penambang mundur.

Indeks acuan Asia berakhir sebagian besar naik setelah saham Jepang membalikkan kenaikan moderat menjadi berakhir lebih rendah, sementara saham naik di Shanghai dan Seoul.

Obligasi negara Eropa beragam dan mata uang umum tergelincir karena dolar menguat terhadap sebagian besar mata uang utama.

Minyak naik karena penurunan lebih lanjut dalam produksi OPEC mengisyaratkan pasar global semakin ketat.

Sentimen positif pada kuartal pertama meluas ke yang kedua, dan ekuitas global mulai minggu ini membangun awal terbaik untuk setahun sejak 2010 karena para pedagang bertaruh pada kebijakan moneter yang lebih longgar. Namun, masih ada banyak risiko, termasuk pertumbuhan Eropa yang melambat, perpecahan yang sulit di Inggris dengan Uni Eropa dan perang dagang yang masih berlangsung. Pembicaraan AS-China akan dilanjutkan ketika Wakil Perdana Menteri Liu He memimpin delegasi ke Washington akhir pekan ini.

Dolar Australia turun dan imbal hasil obligasi 10-tahun mengurangi kenaikan karena Reserve Bank of Australia mengisyaratkan perubahan menuju kebijakan moneter yang lebih dovish.

Berikut adalah beberapa acara penting yang akan berlangsung:

Wakil Perdana Menteri China Liu He memimpin delegasi negosiator perdagangan ke Washington pada hari Rabu.

Laporan pekerjaan bulanan A.S. pada hari Jumat diproyeksikan menunjukkan nonfarm payrolls naik 175.000 pada bulan Maret, mirip dengan rata-rata 186.000 selama tiga bulan sebelumnya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here