Pidato Kemenangan Jokowi-Amin dari Kampung Deret: Terimakasih Atas Kepercayaan Rakyat Indonesia

0
412
Jokowi bersama warga Kampung Deret, Johar Baru, jelang pidato kemenangan, 21 Mei 2019. FOTO: VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia-Pilpres 2019) Masih ingat bagaimana di tahun 2014 Presiden dan Wakil Presiden pilihan rakyat menyampaikan pidato kemenangan di Pelabuhan Sunda Kelapa? Hari ini, lagi-lagi dengan penuh kejutan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin, memililih lokasi yang unik untuk menyampaikan pidato kemenangan yaitu di daerah Kampung Deret, Johar Baru, Tanah Tinggi-Jakarta pada pukul 13.00 WIB, Selasa (21/5/19).

Alasan pemilihan lokasi pidato dipilih di kampung ini karena Kampung Deret adalah kampung yang pertama kali dibangun oleh Jokowi saat terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta tahun 2012. Warga masyarakat Kampung Deret yang mendengar kabar kedatangan Jokowi-Ma’ruf Amin bersiap-siap menyambut kedatangan pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih ini, begitu antusias memenuhi jalan yang terbilang sempit ini.

Warga khususnya para ibu yang ada di lokasi berebut bersalaman dengan Jokowi dan meminta berfoto bersama. Sambil menunggu kedatangan Ma’ruf Amin, Jokowi duduk di bangku panjang bersama warga setempat.

Dini hari tadi Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mengumumkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin memperoleh suara terbanyak. Jokowi-Ma’ruf mendapatkan 85.607.362 suara (55,50%), sementara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapatkan 68.650.239 suara (44,50%).

Begitu Ma’ruf Amin tiba di tempat, Jokowi menyampaikan pidato:

“Kita bangsa Indonesia patut berbangga , patut berbahagia dan bersyukur kalau kita telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa. Dewasa dalam berdemokrasi, dewasa dalam melaksanakan pemilu, dalam berbangsa dan bernegara. Kita telah dewasa dalam menjaga perbedaan dan persatuan, dalam menjaga dan memperkokoh demokrasi. Kemampuan kita untuk menyelesaikan pemilu yang penuh dengan demokrasi. Pemilu demi pemilu telah kita lalui. Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT. Rekapitulasi nasional Pemilu serentak 2019 telah selesai dini hari tadi, rakyat telah menentukan pilihannya baik dalam Pileg dan Pilpres. Inilah hakiki rakyat yang berdaulat”

Jokowi melanjutkan dengan mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia di manapun berada atas kepercayaan yang diberikan kepada dia dan Ma’ruf Amin untuk mengemban amanah rakyat. Jokowi-Ma’ruf Amin berjanji untuk mewujudkan amanah tersebut dalam program-program pembangunan yang adil merata untuk seluruh golongan dan seluruh lapisan masyarakat di seluruh tanah air.

“Nanti kami adalah Presiden dan Wakil Presiden seluruh rakyat Indonesia, pemimpin dan pengayom dari 100% rakyat Indonesia. Kami akan berjuang keras demi terwujudnya keadilan sosial, kita bersatu padu demi membangun bangsa dan tanah air tercinta. Demi kesejahteraan generasi yang akan datang, demi masa depan generasi anak cucu kita”, demikian Jokowi menyampaikan.

Mengakhiri pidato singkatnya, Jokowi memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja penyelenggara pemilu KPU dan Bawaslu, juga para aparat keamanan TNI dan Polri, serta semua pihak yang telah bekerja tulus siang dan malam demi Pemilu yang adil dan jujur.

Emy T/Journalist/ VM
Editor: Emy Trimahanani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here